Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Jadwal Kelulusan Belum Jelas

Dispendik Kumpulkan Kepala Sekolah Hari Ini

BANYUWANGI – Dinas Pendidikan (Dispendik) Banyuwangi memberi keleluasaan sekolah menerapkan sistem pengumuman kelulusan sesuai karakteristik masing-masing. Namun demikian, instansi yang satu ini tetap “mengharamkan” siswa melakukan konvoi dan coret-coret masing. Pengumuman kelulusan saat pengumuman kelulusan berlangsung. Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Banyuwangi, Sulihtiyono mengatakan, sistem pengumuman kelulusan tahun ini disesuaikan karakteristik sekolah masingbisa diantar langsung ke rumah tiap siswa.

Ada pula sekolah yang memilih mengumumkan kelulusan para siswa secara langsung di sekolah. Menurut Sulihtiyono, beberapa sekolah akan melakukan istighotsah bersama sebelum pengumuman berlangsung. Setelah istighotsah rampung, pengumuman kelulusan itu akan dilakukan. “Jika siswa mengenakan baju muslim, kecil kemungkinan mereka coret-coret seragam apalagi berkonvoi,” ujarnya kemarin (21/5).

Sementara itu, beberapa sekolah di Banyuwangi akan melaksanakan bakti sosial pada hari H kelulusan. Dalam bakti sosial tersebut, para siswa kelas XII yang hendak lulus harus mengumpulkan seragam mereka yang masih layak pakai untuk adik kelasnya yang membutuhkan. Sulihtiyono menjelaskan, terkait pengumuman kelulusan siswa tersebut, pihaknya akan mengumpulkan kepala sekolah (kasek) tingkat SMA se-Banyuwangi hari ini (21/5).

“Kemungkinan besok (hari ini, 22/5) kami akan mengumpulkan seluruh kepala sekolah agar mereka me-warning semua siswa tidak coret-coret dan berkonvoi,” ujarnya. Sulih menegaskan, pihaknya melarang keras siswa melakukan konvoi dan coret-coret saat pengumuman kelulusan. “Sebenarnya kita bisa juga kenceng (tegas). Misalnya, ijazah siswa yang berkonvoi atau coret-coret baju akan kita tahan.

Tetapi, saat ini sudah tidak zamannya lagi melakukan hal-hal (menahan ijazah) semacam itu. Kita ambil pendekatan terbaik, yaitu dari hati ke hati. Yang terpenting, siswa jangan sampai berkonvoi. Kalau jatuh, justru siswa tersebut yang rugi,” kata dia. Sementara itu, pengumuman kelulusan siswa tingkat SMA yang sedianya dilakukan Jumat (24/5) ternyata belum pasti dilaksanakan sesuai jadwal.

Sebab, hingga kemarin Dispendik Banyuwangi belum mendapat pemberitahuan dari Dispendik Provinsi Jatim. “Apakah pengumuman kelulusan maju ataukah mundur, sampai saat ini (kemarin) belum ada pemberitahuan dari Dispendik Provinsi Jatim,” kata Sulihtiyono. Sulihtiyono menjelaskan, berdasar pengalaman tahun-tahun sebelumnya, pihaknya baru akan diundang pada H minus satu pengumuman kelulusan. “Masih ada waktu satu sampai dua hari. Biasanya kami baru dipanggil Dispendik Jatim satu hari menjelang hari H kelulusan,” pungkasnya. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE