Jalan Kota Banyuwangi Penuh Ancak dan Jodang

0
616

BANYUWANGI – Jalan utama pusat kota Banyuwangi menjelma menjadi lautan ancak dan jodang plus kembang endhog sore kemarin (19/1). Dua rombongan pembawa ratusan ancak dan puluhan jodang berjalan dari dua penjuru menuju di depan kantor Pemkab Banyuwangi.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Jalan utama di pusat Kota Penyu semakin meriah lantaran rombongan pembawa ancak dan jodang  yang berjalan dari arah utara, tepatnya dari depan kantor Disbudpar. Sedangkan dari arah selatan (depan kantor Kecamatan Banyuwangi), tersebut berjalan diiringi tari rodat.

Tarian bernuansa Islam itu disajikan ratusan penari yang mengenakan kostum aneka warna. Setelah sekitar 20 menit berjalan, kedua rombongan kirab ancak dan jodang tersebut sampai  di depan kantor pemkab dalam  waktu bersamaan.

Setelah bertemu di depan kantor pusat pemerintahan  di Bumi Blambangan,  kedua kelompok penari rodat itu bergabung menjadi satu. Lantas, mereka menari bersama di hadapan para pejabat, ketua, dan pengurus Dewan Kesenian  Blambangan (DKB), serta masyarakat  umum yang tumpek-blek di depan kantor pemkab.

Even bertajuk Festival Endhog  Maulid tersebut digelar Pemkab  Banyuwangi dalam rangka  memperingati Maulid Nabi  Muhammad SAW 1437 Hijriah. Selain diisi arak-arakan ancak dan jodang, kegiatan tersebut juga diisi pembacaan Barzanji dan ceramah agama oleh KH.  Mahrus Ali.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2