Jelang Musim Panen, Tanaman Padi Gosong Diserang Wereng

0
1438


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

SINGOJURUH – Tanaman padi yang kini sudah mendekati panen di Desa Singolatren, Kecamatan Singojuruh terus diserang hama. Akibatnya, tanaman padi yang masih hijau tiba-tiba berubah kekuning-kuningan dan gosong.

“Tanaman padi seluas satu hektare, hampir separo rusak akibat diserang hama wereng. Dan itu, membuat petani merugi. Setiap satu hektare kerugian sekitar Rp 5 juta,” kata salah seorang petani setempat, Sunaryo.

Sunaryo mengatakan, dalam musim tanam ini petani bersama Gapoktan, dan Dinas Pertanian Banyuwangi telah melakukan penyemprotan masal. Tapi, upaya itu tidak mengurangi serangan hama. “Tanaman padi tetap banyak yang rusak,” terangnya.

Malahan, lanjut dia, saat ini serangan hama wereng itu makin menggila. Dalam sehari saja, sudah ada setengah hektare tanaman padi yang ada di desanya menguning kecoklatan seperti gosong. “Kalau sudah seperti ini, mau diapakan lagi,” ungkapnya.

Petani lainnya, Supriyadi, 50, mengaku tanaman padi miliknya seluas satu hektare juga banyak yang terserang wereng. Hama itu menyerang sejak dua hari lalu. “Seperempat hektare terserang hama, kalau dibiarkan terus merembet,” katanya.

Supriyadi mengatakan, Serangan hama wereng itu mulai muncul sejak usia tanaman padi memasuki 50 hari. Hama menyerang pangkal batang tanaman padi. Selain hama wereng, tanaman padi di daerah ini sebagian terlihat menguning dan layu, meski batangnya masih hijau.

“Saya tidak tahu lagi harus bagaimana, karena berulang kali disemprot hasilnya masih sama saja,” keluhnya.

Loading...

APLIKASI PAYROLL HRD YANG SIMPEL DAN MUDAH

APLIKASI PAYROLL HRD YANG SIMPEL DAN MUDAH

Apakah anda pemilik usaha yang masih menggunakan manual (Excel) untuk perhitungan absensi, gaji, pajak, BPJS dan laporan?? Dan apakah Human…
05/24/2018
DKI Jakarta