Kapasitas 200 Orang, Terisi 141 Penumpang

0
290

KALIPURO – Mudik gratis dari Pelabuhan Tanjung Wangi  menuju Pulau Sapeken sudah  dimulai kemarin (11/7). Pemberangkatan perdana mudik  gratis lewat laut tersebut dilepas Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko. Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Wangi, Agus Sularto mengatakan, kapal  yang mengantar para pemudik kali ini adalah Kapal Motor (KM) LSJ 501.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Kapal tersebut memiliki kapasitas 200  penumpang. Namun, pada  awal pemberangkatan mudik  gratis kemarin, peminatnya  hanya 141 orang. ”Tidak penuh karena sebelumnya sudah ada kapal perintis  yang mengangkut penumpang  menuju Pulau Sapeken,  yaitu KM Sabuk Nusantara 27  dan KM Amukti Palapa,” jelas  Agus Sularto.

Mudik gratis yang dimotori  Dinas Perhubungan Provinsi  Jawa Timur itu sebanyak enam  pelayaran. Tiga pelayaran menuju  Pulau Sapeken, dan tiga pelayaran  lainnya dari Pulau Sapeken menuju Pelabuhan Tanjung  Wangi mulai 11 Juli hingga  22 Juli mendatang.

Meski begitu, jadwal pelayaran tidak selalu tersedia setiap hari.  Selain itu, para pemudik juga mendapatkan takjil dari Pelindo III Tanjung Wangi. Balik dari Pulau Sapeken, Pelindo juga menyediakan kendaraan ke pelabuhan dan ke terminal.

”Takjil kita berikan kepada para pemudik, baik bagi pemudik yang menggunakan kapal gratis maupun kapal yang  bayar,” terang General Manajer  PT Pelindo III Tanjung Wangi, Bangun Swastanto Sementara itu, prosesi pemberangkatan perdana mudik gratis ke Pulau Sapeken kemarin juga dihadiri beberapa instansi terkait.

Pemberangkatan awal pemudik ditandai dengan pemotongan pita di kapal oleh Wabup  Yusuf. ”Kegiatan ini memberikan  manfaat positif secara langsung  kepada masyarakat,” pungkas Yusuf. (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :

Baca Juga :