Kawal FPI, Polisi Terjunkan Sembilan Kompi

0
546

kawalKALIPURO – Aparat kepolisian tidak mau kecolongan dengan rencana aksi doa bersama anggota Front Pembela Islam (FPI) di Pelabuhan Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, hari ini (14/9). Demi menjaga ketenangan, aparat keamanan akan menerjunkan sembilan satuan setingkat kompi (SSK). Sembilan SSK itu berasal dari anggota Brimob Polda Jawa Timur sebanyak 5 SSK dan 4 SSK dari anggota Polres Banyuwangi.

Mereka akan di siagakan di sekitar kawasan Pelabuhan PT, ASDP Indonesia Ferry (IF) Ketapang dan Stasiun Kereta Api (KA) Banyuwangi Baru Demi kesiapan pengamanan di sekitar Pelabuhan Ketapang dan Stasiun KA Banyuwangi Baru, Kepala Divisi (Kadiv) Humas  Polda Jawa Timur KombesPol Awi Setiyono datang ke Banyuwangi untuk memeriksa kondisi di lapangan kemarin siang. “Polri telah menyiapkan segala sesuatu,” terang Kombes Pol Awi Setiyono.

Menurut Setiyono, pengamanan tersebut sebenarnya bu kan hanya untuk doa bersama yang dilakukan FPI. Sebelumnya sudah ada perintah pengamanan terkait Miss World 2013 di Bali. “Kita memang sedang melakukan pengamanan,” katanya. Hanya, lanjut Setiyono, karena akan ada kegiatan FPI di sekitar Pelabuhan ASDP Indonesia Ferry Ketapang, maka polisi akan melakukan pengamanan berkaitan dengan penolakan Miss World 2013 di Bali tersebut.

“Kita (Polda Jawa Timur) akan terjunkan 5 SSK anggota Brimob,” katanya. Berkaitan dengan kegiatan FPI, Kombes Setiyono berharap masyarakat tetap tenang. Sebab, Polri akan melakukan pengamanan secara maksimal agar tidak sampai mengganggu ketertiban. “Kami minta masyarakat tetap tenang,” tuturnya. Mengenai rencana anggota FPI yang akan menyeberang ke Bali, dengan diplomatis Setiyono menyebut bahwa polisi tidak memiliki kewenangan melarang masyarakat yang akan ke Bali.

Namun, bila keberangkatan ke Pulau Dewata itu untuk melaksanakan demo, diharapkan rencana itu diurungkan. “Kalau ke Bali untuk demo, kami harap tidak di lakukan,” harapnya. Sementara itu, selain Kadiv Humas Polda Jawa Timur KombesPol Awi Setiyono, juga ikut meninjau Wakapolres Banyuwangi Kompol Agus Widodo bersama Kabag Ops Polres Sujarwo, dan semua kepala satuan (kasat) di Polres Banyuwangi. “Polres akan siapkan 4 SSK untuk pengamanan ini,” terang Kabag Ops Polres Kompol Sujarwo. (radar)