Kegiatan Gotong Royong Spontan Ditinggalkan

0
456
PINDAH: Alat berat meninggalkan tambang pasir di Desa Bedewang kemarin.

Aksi unjuk rasa warga menutup galian pasir di Dusun Krajan, Desa Bedewang, Kecamatan Songgon, berlangsung spontan kemarin. Mereka yang sedang gotong royong langsung bergerak demi mendukung aksi penolakan tambang pasir.

KEPEDULIAN warga Desa Bedewang patut diacungi jempol. Hal itu terlihat saat mereka kompak menolak penambangan pasir di wilayah- nya. Selain dianggap merusak lingkungan, galian pasir tipe galian C tersebut membuat warga tidak bisa memanfaatkan air bersih.

Kenapa bisa begitu? Warga yang tinggal di sisi timur galian tersebut memang tidak bisa lagi menggunakan air bersih. Sebab, aliran sungai menjadi kotor dan keruh.

Tentu saja, hal itu menyebabkan warga tidak bisa mandi dan cuci piring. Akhirnya, warga pun berontak. Mereka melakukan aksi penutupan tambang pasir tersebut. Sebab, setelah ada penambangan pasir, mereka harus mandi dan mencuci di sungai lain yang lebih jauh.

Selama sebulan warga tidak bisa melakukan aktivitas normal. Warga sadar, jika ingin bebas beraktivitas seperti dulu, mereka harus mengambil langkah tegas. “Itu dorongan dari hati.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last