Kemiri Songgon Tembus Pasar Jateng

0
527

kemiriSONGGON – Buah kemiri asal Kecamatan Songgon ternyata cukup melimpah. Bahkan, buah yang biasa digunakan sebagai bumbu masak itu juga telah dikirim ke beberapa pasar tradisional di Jawa Timur (Jatim) dan Jawa Tengah (Jateng). Salah seorang pengepul kemiri asal Dusun Pakis, Desa/Kecamatan Songgon, Abdul Azis, 37, mengatakan panen buah kemiri asal Songgon kali ini memang cukup melimpah.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Tetapi, bila dibanding hasil panen dua tahun lalu, kali ini masih kalah. “Pohon kemiri banyak yang ditebang, kita datangkan dari NTB (Nusa Tenggara Barat),” katanya. Dari segi kualitas, jelas dia, buah kemiri asal Songgon tidak kalah dengan buah kemiri asal Lombok, NTB. Buah yang bisa dimanfaatkan untuk penyubur rambut itu panennya tidak tiap tahun.

“Masa panen buah kemiri itu seperti cengkih, dua tahun sekali,” ungkapnya. Selama masa panen ini, jelas dia, dalam sepekan bisa mengirim buah kemiri sebanyak 16 ton ke pasar tradisional di beberapa kota. Azis menyebut, harga saat ini cukup bagus dibanding musim panen sebelumnya. Jika musim panen dua tahun lalu harganya hanya Rp 15 ribu per Kg. Saat ini mencapai Rp 20 ribu per Kg. (radar)

Loading...

APLIKASI PAYROLL HRD YANG SIMPEL DAN MUDAH

APLIKASI PAYROLL HRD YANG SIMPEL DAN MUDAH

Apakah anda pemilik usaha yang masih menggunakan manual (Excel) untuk perhitungan absensi, gaji, pajak, BPJS dan laporan?? Dan apakah Human…
05/24/2018
DKI Jakarta

Kata kunci yang digunakan :