Keruk Sampah di Sungai, Ajak Pabrik Jaga Lingkungan

0
166

kerukMUNCAR – Langkah yang dilakukan para pemuda di Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar, ini layak diacungi jempol. Sebab, para pemuda yang tergabung dalam wadah Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAD) itu mengeruk sungai yang penuh sampah. Tujuannya, agar aliran sungai menjadi bersih dan mengurangi pencemaran.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Kali ini, SIBAD membersihkan sampah di Sungai Kalimati, yang berada tak jauh dari tepi pantai. ’’Kita keruk sungai yang dangkal setengah meter. Sampah-sampah juga kita bersihkan supaya bau limbah bisa dikurangi,’’ ungkap ketua SIBAD, Ahmad Safroni, di sela-sela membersikan sampah di sungai tersebut. Menurut dia, kegiatan sosial itu semata-mata untuk mengurangi pencemaran.

Langkah itu didasari kesadaran agar lingkungan menjadi bersih. ’’Kegiatan ini juga sebagai upaya untuk  engantisipasi adanya banjir. Kalau sungai dangkal, nanti air akan meluber ke pemukiman. Kami tidak ingin kejadian beberapa tahun lalu terulang,’’ tekad Safroni. SIBAD, kata dia, sudah membuat beberapa tempat penampungan sampah alias bak sampah di tepi jalan.

Loading...

Hal itu dilakukan agar masyarakat bisa membuang sampah pada tempatnya. ’’Kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan,’’ serunya. Selain itu, jelas dia, perusahaan yang memiliki IPAL diharapkan menggunakannya sebaik mungkin. Artinya, jangan sampai IPAL hanya sebagai simbol tanpa dipakai. ’’Jadi, IPAL harus benar-benar digunakan,’’ tandas mantan aktivis mahasiswa itu.

Pengurus SIBAD lainnya, Johar menambahkan, sungai yang dibersihkan itu berjarak sekitar 150 meter dari bibir pantai. Pengerukan itu akan dilakukan hingga bersih total. ’’Gak tahu sampai berapa hari selesai. Tapi target kami sampai selesai,’’ tegasnya. Koordinator pengerukan, Andi Samsu Alang, mengingatkan pentingnya menjaga lingkungan sungai.

Oleh karena itu, setelah sungai bersih, dia mengimbau agar sungai dijaga bersama- sama agar tidak kotor lagi. ’’Kami harap agar masyarakat jangan membuang sampah di sungai,’’ ajaknya. Sementara itu, Camat Muncar Isa Anshori tampak hadir dalam kegiatan sosial itu. Selain itu, sejumlah pengurus PMI Banyuwangi juga ikut meninjau lokasi. (radar)

Loading...