Berita Terkini Seputar Banyuwangi
Sosial  

KPU Mulai Verifi kasi Calon Anggota DPD

kpuBANYUWANGI – Tahap pemilihancalon anggota Dewan Permusyawaratan Daerah (DPD) RI sudah mulai berlangsung. Untuk tahap awal, panitia Pemilu mulai Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) akan melaksanakan verifi kasi faktual. Dalam verifikasi faktual ini, para panitia Pemilu akan memeriksa bukti dukungan yang disampaikan oleh para calon anggota DPDRI.

“Banyuwangi termasuk daerah yang dijadikan sampel dalam verifi kasi faktual ini,” terang ketua KPU Banyuwangi, Syamsul Arifi n kemarin (26/5). Menurut Syamsul, verifikasi untuk persyaratan calon anggota DPDRI ini, tidak hanya dilakukan oleh KPUD, seperti yang pernah dilakukan saat melakukan verifi kasi faktual untuk partai politik beberapa waktu lalu. “Verifi kasi ini melibatkan PPK dan PPS,” katanya.

Verifi kasi faktual ini akan dimulai hari ini (27/5) hingga Kamis (6/6) mendatang. Dalam verifi kasi ini, PPK dan PPS diminta untuk memeriksa warga yang sudah mendukung calon anggota DPD RI. “Apakah warga itu memang mendukung atau tidak,” jelasnya. Syamsul menyebut, pendaftaran untuk anggota DPD RI ini dilakukan di KPUD Provinsi. Dalam pendaftaran ini, jelas dia, ternyata yang mendaftar ada 40 orang calon. “Dari 40 pendaftar itu, 27 pendaftar mengambil suara dukungan dari warga Banyuwangi,” ungkapnya.( radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE