Beranda Ekonomi KUR Rp 20 Juta tak Perlu Jaminan

KUR Rp 20 Juta tak Perlu Jaminan

0
2763
MANIK-MANIK: Menperin MS Hidayat dan Gubernur Soekarwo melihat kerajinan di Desa Watukebo, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi, kemarin.
MANIK-MANIK: Menperin MS Hidayat dan Gubernur Soekarwo melihat kerajinan di Desa Watukebo, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi, kemarin.

ROGOJAMPI – Menteri Perindus- trian (Menperin) RI, M.S. Hidayat mengingatkan kalangan perbankan agar tidak melanggar aturan dalam penya- luran kredit usaha rakyat (KUR). Menperin menegaskan, penyaluran KUR de- ngan nominal Rp 20 juta tidak diper- lukan agunan dalam bentuk apa pun.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Karena itu, perbankan di-warning tidak meminta jaminan dalam bentuk apa pun dalam penyaluran dana KUR. “Agunannya ya kegiatan usaha yang dilakukan. Boleh mengajukan KUR, apabila sudah memiliki usaha,” ujar Hidayat.

Penegasan Menperin MS Hidayat itu disampaikan saat dialog dengan pelaku usaha dan industri kecil di hasil pertanian di Desa Watukebo, Kecama- tan Rogojampi kemarin (7/5). Dalam kesempatan itu, beberapa pelaku usaha industri kecil mengeluhkan soal sulitnya mendapat akses permodalan untuk membiayai kegiatan industrinya.

Untuk mendapat KUR dari perbankan, pelaku industri kecil kesulitan menyediakan agunan. Sebab, beberapa bank menolak mengucurkan dana KUR jika tidak memiliki agunan. “Peraturan pemerintah (PP) menyebutkan, KUR dengan nilai Rp 50 juta ke bawah tidak perlu agunan.

Loading...

Jika ada bank yang meminta jaminan berarti telah melanggar PP,” tegas Hidayat. Pada kesempatan itu, Hidayat meminta untuk mencatat nama bank yang meminta jaminan itu. Permintaan menteri asal Partai Golkar itu langsung blak-blakan menyebutkan nama bank yang diminta menteri itu.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2

error: Uppss.......!