Kurikulum 2013 Sudah Dijalankan 800 SD

0
510

kurikulumBANYUWANGI – Dinas Pendidikan (Dispendik) Banyuwangi sedang melakukan pendataan sekolah yang akan tetap menggunakan Kurikulum 2013 (K13). Didata pula sekolah-sekolah yang akan kembali menggunakan Kurikulum Lingkar Satuan Pendidikan (KTSP). Data tersebut akan diusulkan kepada Menteri Pendidikan. Sekadar di ketahui, selama satu semester ini sedikitnya 800 sekolah jenjang SD di Banyuwangi sudah menerapkan K-13. Selain itu, sebanyak 74 sekolah tingkat SMP, 18 SMA, dan 8 SMK, juga telah menerapkan K-2013 selama satu semester.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dispendik Banyuwangi, Sulihtiyono, mengaku bahwa pihaknya belum mendapat kepastian apakah semua sekolah itu akan tetap menerapkan K-13 ataukah tidak. “Sekolah yang ingin kembali menggunakan kurikulum 2006 atau pun tetap melanjutkan K-13 diminta menulis surat permohonan kepada Dispendik setempat. Kebijakan penerapan K-13 maupun KTSP itu diserahkan kepada pihak sekolah yang bersangkutan,” ujarnya.

Sulihtiyono meminta agar persoalan kurikulum 2013 tidak menjadi polemik. Sebab sekolah hams bisa mengukur kemampuan yang ada di lingkungan sekolah. Jika memang buku dan guru dirasa sudah siap menjalankan K-13, sekolah dipersilahkan menggunakan sistem tersebut. Jika sekolah belum siap, diperbolehkan menggunakan sistem Kurikulum Lingkar Satuan Pendidikan (KTSP). “Sekolah tidak usah terbebani dengan kebijakan ini,” imbuhnya.

Secara umum, Dispendik telah mendapat petunjuk dan arahan langsung dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi jawa Timur terkait persoalan tersebut. informasi tersebut sudah disampaikan kepada masing-masing sekolah se-Banyuwangi. Pihak sekolah diharapkan bisa mengukur dan menyesuaikan kemampuan dan kondisi yang ada. Sebab, tidak semua wilayah di Banyuwangi mampu menjaIankan K-13. (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :