Labfor Polda Turun Tangan

0
159

labforSelidiki Penyebab Kebakaran Kian Jaya


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jawa Timur akhirnya datang untuk menyelidiki penyebab kebakaran toko mebel Kian Jaya di Jalan Basuki Rahmat Nomor 63, Kelurahan Lateng, Kecamatan Banyuwangi, Rabu malam lalu (27/3). Hasil pemeriksaan, belum ditemukan titik terang penyebab ke bakaran. Tim labfor masih akan menguji sampel-sampel benda yang terbakar di Polda Jatim. Tim labfor itu beranggota tiga orang dan dipimpin AKBP Haryono.

Tim labfor tiba di lokasi kebakaran pukul 12.00 didampingi Kasatreskrim AKP Bagus Ikhwan Cristianm, Ka urbin Ops Reskrim Iptu Ali Masduki, dan sejumlah ang gota iden tifi kasi Polres Ba nyuwangi. Selama berada di lokasi ke bakaran, mereka me me riksa beberapa titik. Hampir dua jam lamanya tim labfor mengobok-obok se jumlah ruang di toko mebel de ngan panjang bangunan sekitar 50 meter tersebut. Salah satu ruangan bagian be lakang yang diduga sebagai asal api diperiksa sangat serius.

Saat memeriksa ruangan, sesekali tim menanyakan kondisi ruangan yang terbakar ke pada pemilik toko mebel, Andy Sugianto. “Ini ruangan Al marhumah Mama. Saat kebakaran tidak ada yang masuk,” ujar Andy Sugianto saat ditanya ter kait salah satu ruangan yang sedang diperiksa itu. Di ruangan itu, tim labfor me ngambil sampel sejumlah lam pu yang sudah menjadi abu. Selain itu, mereka juga me ngamankan kabel. Barang ter sebut dibungkus plastik, lalu dibawa ke Polda Jawa Timur untuk diteliti.

Loading...

Dapur juga sempat diperiksa serius. Dapur berada di sebelah selatan ruang Almarhumah Mama. Jaraknya sekitar 10 meter. Di dapur, tim labfor mengambil kompor gas, tabung gas elpiji ukuran 12 kilo gram, dan wajan. Ketua Tim Labfor Polda Jatim, AKBP Haryono, mengaku belum tahu penyebab kebakaran. Da lam pemeriksaan tersebut, pihaknya baru memeriksa lokasi yang diduga sebagai asal  api. “Kami belum tahu asal api yang telah membakar toko ini,” kata Haryono. Selain memeriksa sumber api, pihaknya juga mempelajari penyebaran api.

Pihaknya mengambil beberapa sampel untuk diperiksa di laboratorium polda. “Saya tadi ambil beberapa barang, seperti kabel dan lampu, yang sudah terbakar,” katanya. Menurut Haryono, sejumlah sampel yang telah diambil, termasuk tabung gas elpiji, kompor gas, dan pecahan wajan, itu akan diperiksa. Sampel itu di harapkan bisa mengungkap penyebab kebakaran atau sumber api. “Kita tunggu hasilnya,” cetusnya. Kasatreskrim Polres Banyuwangi AKP Bagus Ikhwan Cristian saat dikonfirmasi mengaku belum mengetahui asal api yang membakar habis toko me bel Kian Jaya.

“Kitatungguha silpemeriksaan tim labfor ini,” ujarnya. Seperti diberitakan sebelumnya, toko mebel Kian Jaya milik Andy Sugianto di Jalan Basuki Rahmat No. 63 Kelurahan Lateng, Kecamatan Banyuwangi, Rabu malam lalu (27/3) ludes terbakar. Api yang telah membakar itu diduga berasal dari salah satu ruang di bagian belakang. Akibat ke bakaran itu, pemilik toko mengaku menderita kerugian Rp 1,5 miliar. (radar)

Loading...