Long March Peringati Hari Perempuan

0
342


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Hari perempuan sedunia yang jatuh pada 8 Desember kemarin diperingati dengan berbagai cara. Di Banyuwangi sejumlah elemen masyarakat melakukan long march di  sekitar Taman Blambangan. Puluhan pria mengusung poster bertulisan sanjungan kepada kaum perempuan.

“Lelaki sejati harus bisa menghormati dan  menghargai perempuan”. Begitu tulisan yang diusung sejumlah elemen masyarakat. Selama long march, massa juga membagi-bagikan selebaran berisi seruan aksi dukungan kepada kaum perem-puan. Selebaran bertulisan “Men for Women” itu dibagikan kepada pengendara yang lewat di  sekitar Taman Blambangan.

“Hari ini kaum perempuan  terasa spesial. Kaum lelaki memperlakukan perempuan dengan  cara yang sama. Kami menyuarakan dukungan keadilan gender kepada kaum perempuan,’’ ujar  Indah Catur, aktivis perempuan yang ikut dalam aksi damai.

Aksi long march kemarin terasa istimewa karena pesertanya adalah kaum laki-laki. Kalau toh ada yang perempuan, itu sebatas  mendampingi. Indah mengatakan,  peserta aksi dari berbagai elemen. Ada dari Sanggar Aura Lentera, Paguyuban Empu Rahayu,  Paguyuban Sumber Wangi ’45, Sanggar Merah Putih ’45, Bumi Balambangan, dan pers lokal.

Aksi tersebut bernuansa seni  tradisional yang semua melibatkan kaum laki-laki. Aksi bertema  “Men for Women” itu dilakukan  serentak di belahan dunia pada Rabu 8 Maret 2017 sekitar pukul 13.00-17.00. Harapannya, seruan aksi itu bisa menjadi pemicu kesadaran bagi seluruh elemen di mana pun berada.

“Harapannya  bisa lebih bersinergi dan berkesinambungan dalam merealisasikan hak, menghormati, dan menghargai kaum perempuan  di berbagai aspek kehidupan,’’  jelas Indah. (radar)

Loading...