Manggis Songgon Tembus Hongkong

0
995

manggis-mSEMPU – Para petani yang menanam buah manggis di wilayah Kecamatan Songgon kini kelimpungan. Sebab, saat panen raya sekarang ini harga manggis anjlok. Bahkan, dibanding musim panen tahun lalu, harga manggis melorot tajam. Pada panen raya setahun lalu harga manggis mencapai Rp 12 ribu per kilogram. Tetapi, saat ini harganya hanya Rp 5.000 per kilogram.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

“Pada tahun 2013 harga manggis malah Rp 30 ribu per kilogram,” cetus Susilowati, 59, pengepul buah manggis asal Dusun Songgonrejo, Desa/Kecamatan Songgon. Menurut Susilowati, manggis asal Kecamatan Songgon bukan hanya dijual di daerah Banyuwangi, tapi juga dikirim ke sejumlah kota, seperti Surabaya dan Semarang. “Kalau yang bagus kita ekspor ke Hongkong,” ungkapnya. 

Sampai saat ini manggis di Kecamatan Songgon masih banyak. Setiap hari dirinya ekspor ke Hongkong sekitar lima ton. “Kalau kualitasnya bagus, biasanya ekspor sampai delapan ton per hari,” cetusnya. Panen raya buah manggis tahun ini, lanjut dia, tidak seramai tahun lalu. Hal itu diduga akibat faktor cuaca dan musim tak menentu. “Lebih banyak dan mahal tahun lalu. Saat ini tidak maksimal dan harganya hancur,” katanya. (radar)

Loading...

There were no listings found.

Kata kunci yang digunakan :