Berita Terkini Seputar Banyuwangi
Sosial  

Marinir Perbaiki Saluran Irigasi

KALIPURO – Puluhan personel Korps Marinir “terjun” ke Kelurahan Gombengsari, Kecamatan Kalipuro, kemarin (23/5). Para prajurit satuan elite TNI Angkatan Laut (AL) tersebut tanpa sungkan membaur bersama masyarakat sekitar untuk melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan. Diperoleh keterangan, para personel Korps Marinir yang tengah menjalani pendidikan di Komando Pendidikan Marinir, Surabaya, itu sudah berada di Kelurahan Gombengsari sejak beberapa hari lalu.

Di lokasi tersebut, mereka melaksanakan latihan praktik pembinaan wilayah dan teritorial. “Kebetulan di Desa Gombengsari ada program karya bakti. Kami pun membaur bersama masyarakat untuk melaksanakan karya bakti tersebut,” ujar perwira operasi, Mayor (Mar) Bondan Wahyu Adi. Menurut Mayor Adi, karya bakti terhadap masyarakat juga termasuk dalam materi pelatihan pembinaan wilayah dan teritorial.

Pada pelaksanaan karya bakti di Desa Gombeng, para personel Marinir tersebut kebagian tugas memperbaiki saluran irigasi “Personel yang kami terjunkan mencapai 25 personel. 15 di antaranya siswa Marinir calon pelatih, sepuluh personel lain adalah pendukung,” paparnya. Dikonfi rmasi di tempat yang sama, Camat Kalipuro, Nur hadi mengatakan, karya bakti yang digelar di Kelurahan Gombengsari, tersebut merupakan per wujudan gerakan I Love Ba nyuwangi.

Dikatakan, ke terlibatan masyarakat dalam perawatan fasilitas umum sangat diperlukan. “Drainase di daerah sini (Kelurahan Gombengsari ku rang bagus. Karena itu, butuh peran masyarakat untuk menjaga dan memperbaiki drai nase tersebut,” kata dia. Menurut Nurhadi, selain di ikuti para personel Korps Marinir, karya bakti kali ini juga diikuti 125 personel Kodim 0825 Banyuwangi, sepuluh personel Polsek Kalipuro, 35 mahasiswa Uniba yang tengah mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN), dan sekitar 2 ribu masyarakat umum.

“Beberapa waktu lalu kami sempat curhat kepada Dandim dan menyatakan butuh per sonel untuk melakukan nor malisasi drainase di daerah ini. Alhamdulillah curhat itu di tanggapi dengan baik oleh Dandim dengan menerjunkan personel,” kata dia. Nurhadi menambahkan, normalisasi drainase di wilayah Kecamatan Kalipuro, khus usnya di Kelurahan Gombeng sari, sangat mendesak di lakukan. “Drainase jelek.

Pa dahal, jalan menuju Ke lura han Gombengsari sudah di perbaiki dengan hotmix. Eman kalau tidak dijaga. Kalau Drainase jelek, air hujan akan menggenang di badan jalan. Kalau itu terjadi, jalan akan cepat rusak, sehingga ma syarakat yang akan rugi,” pungkasnya. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE