Misa Malam Diterangi Ratusan Lilin

0
238

misaBANYUWANGI – Perayaan misa malam Paskah yang digelar di Gereja Katolik Maria Ratu Damai Banyuwangi, berlangsung khidmat Sabtu malam lalu (30/3). Ratusan umat Kristiani yang tinggal di pusat Kota Gandrung dan sekitarnya, secara bersama menyampaikan rasa kegembiraan untuk kebangkitan sang juru selamat. Pelaksanaan misa malam Paskah yang dimulai sekitar pukul 20.00, ini diawali dengan perayaan lilin. Sedikitnya 500 jemaat Kristiani yang berkumpul di halaman gereja yang berlokasi di Jalan Jaksa Agung Suprapto Banyuwangi, merekamasuk ke tempat ibadat dengan membawa lilin.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Loading...

Suasana cukup khidmat, terlihat saat para jemaat mulai masuk ke gereja dengan membawa lilin. Dengan tertib mereka mengikuti prosesi penyalaan lilin (liturgi cahaya) yang dipimpin langsung oleh Romo Paroki Maria Ratu Damai Banyuwangi RD. HT. Ardi Wardana Liturgi cahaya yang dilakukan oleh umat Kristiani saat melaksanakan misa malam Paskah itu, melambangkan Yesus Kristus yang telah bangkit dari kegelapan. “Dengan kebangkitan Yesus, kita semua dibangkitkan dari kegelapan,” cetus Romo RD HT Ardi Wardana. Usai melaksanakan liturgi cahaya, para jemaat dengan tertib mengikuti prosesi misa.

Dengan menggunakan penerang lampu lilin, umat Kristiani ini menyampaikan puja-puja sambil membaca ajaran yang ada dalam Injil. Mereka, tampak juga serius mendengarkan kutbah dari romo. Dalam misa malam Paskah yang berakhir pada pukul 23.00 itu, Romo RD HT Ardi Wardana dalam kotbahnya mengajak pada semua umat Kristiani bisa mengamalkan ajaran-ajaran yangtelah disampaikan oleh Yesus Kristus. “Terhadap sesama harus saling mengasihi,” ajaknya. Menurut Romo Ardi, saling mengasihi terhadap sesama, itu merupakan salah satu ajaran yang penting bagi umat Kristiani. Sebab, jelas dia, itu merupakan perwujudan dari cinta kasih yang telah diajarkan oleh sang juru selamat dunia Yesus Kristus. (radar)

Loading...