Mulai Pasang Beton

0
415
PADAT: Situasi proyek median jalan di ruas Jalan Yos Sudarso Banyuwangi kemarin.
PADAT: Situasi proyek median jalan di ruas Jalan Yos Sudarso Banyuwangi kemarin.

KALIPURO – Pembangunan median jalan di ruas Jalan Yos Sudarso, Lingkungan Sukowidi, Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi mulai dikerjakan. Pembangunan median jalan tersebut menyedot anggaran sekitar Rp 290 juta lebih. Kegiatan pembangunan median jalan sejatinya sudah di lakukan sejak awal Agustus 2012 lalu. Menjelang Idul Fitri lalu, kegiatan proyek di hen tikan sementara untuk men dukung kelancaran arus mudik Lebaran.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Saat ini, pekerjaan median jalan mulai dilanjutkan kembali dengan memasang beton kanstin dan pengerukan aspal. Proyek itu ditargetkan rampung pada awal bulan Oktober 2012 men datang. Untuk sisi selatan, panjang median yang dibangun sekitar 800 meter dengan lebar 0,70 me ter. Sedangkan sisi utara, panjangnya sekitar 400 meter. Pembangunan median jalan pada sisi selatan memang ber beda dengan pada sisi utara.

Loading...

Median jalan pada sisi se la tan lebih sempit daripada median yang ada di sisi utara. “Konsep median jalan itu sama seperti yang ada di Jalan Basuki Rahmat,” jelas Plt Kadis Pekerjaan Umum Bina Marga, Cip ta Karya, dan Tata Ruang Banyuwangi, Mudjiono. Mudjiono menjelaskan, median jalan pada sisi selatan le bih sempit, karena jalannya lebih sempit di bandingkan pada sisi utara.

Penyempitan jalan itu karena ada beberapa tanaman pohon pada sisi kanan kira jalan. Konsep awal pembangunan median jalan itu memang tanpa tanaman rumput. Sebab, ke giatan penanaman rumput itu menjadi kewenangan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP). Walau bukan kewenangan PU Bina Marga, namun tahun ini kegiatan penanaman rumput tetap dilakukan.

Pertim bangannya, kalau tidak ada tanaman rumput atau bunga, median akan terlihat gersang dan tidak indah dipandang. “Kita awali pena naman rumput juga. Tahun 2013 mendatang, biar DKP yang menyempurnakan tanamannya,” kata Mudjiono. Sementara median yang ada di sisi utara, bangunan sama se perti median yang sudah ada. Kondisinya akan lebih lebar, karena jalannya lebih le bar. “Selama proses pekerjaan median jalan tersebut, masyarakat kita harapkan maklum dan ber-hati-hati berlalu lintas,” harap Mudjiono. (radar)

Lanjutkan Membaca : 1 | 2