Pengungsi Raung Pulang Kampung

0
318
LEBIH JELAS: Bupati Anas mengamati rekaman gempa tremor di Seismometer Pos Pengamatan Gunung Raung, kemarin.

SONGGON – Status Gunung Raung masih tetap siaga level 3. Meski begitu, dari catatan seismometer di Pos Pengamatan Gunung Raung Di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, gempa tremor terus mengalami penurunan.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Kemarin, rata-rata gempa tremor di gunung setinggi 3.332 meter di atas permukaan laut (dpl) itu berkisar 20 mm. Beberapa hari sebelumnya mencapai 25 mm. ‘’Tiga hari ini terus turun. Mulai 22 mm, dan sekarang gempa tremor yang terekam sudah 20 mm,’’ ungkap Kepala Pos Pengamatan Gunung Raung, Balok Suryadi.

Usai menerima rombongan Bupati Abdullah Azwar Anas kemarin. Ketua tim Tanggap Darurat Gunung Raung dari Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung, Heti Tri Astuti menambahkan, meski gempa mengalami penurunan, tapi sampai saat ini status Gunung Raung masih siaga level III.

‘’Tapi, kita terus analisis dengan beberapa data lain, seperti sismik yang kita pasang temporer dan GBS untuk mengetahui perkembangan aktivitas vulkanik,” beber Heti. Sementara itu, penurunan aktivitas gunung terbesar se-Jawa itu membuat warga lega. Jika beberapa hari lalu sempat ada yang mengungsi, kini mereka mulai kembali. ‘’Sekarang warga yang mengungsi datang lagi,’’ ungkap Kepala Dusun Lider, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Sutiono, kemarin.

Loading...

Dia mengaku bahwa beberapa hari terakhir banyak warga yang menjual hewan ternak. Hal itu dilatarbelakangi kekhawatiran atas kondisi Gunung Raung. ‘’Warga banyak yang telanjur menjual sapi. Kira-kira ada 12 sapi yang sudah dijual. Tapi, sekarang sudah nggak ada yang di jual lagi,’’ paparnya. Sementara itu, menyusul sta tus Gunung Raung yang ma sih siaga, kemarin ratusan warga menggelar istighotsah di masjid besar Desa/Kecamatan Songgon.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2

Baca :
Ketua Tim PKK Banyuwangi Minta Kadernya Aktif Jalankan Program Kesehatan Ibu Hamil