Pentas Seblang

0
214

pentasGLAGAH – Jadwal pementasan tradisi seblang di Desa Olehsari, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, belum jelas hingga kemarin (3/8). Setelah dua hari tertunda karena faktor nonteknis, panitia belum memastikan kapan pementasan akan dilakukan lagi. Seperti yang disampaikan panitia tari seblang Sabtu lalu (2/8), jika belum ada petunjuk dari sesepuh yang kesurupan, maka ritual tari seblang belum dapat dilaksanakan.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Pantauan Jawa Pos Radar Banyuwangi kemarin, suasana lokasi tari seblang di Desa Olehsari, Kecamatan Glagah, terlihat sepi. Tidak ada satu pun panitia yang berada di lokasi tersebut siang itu. Meski kondisinya sepi, beberapa warga terlihat masih mendatangi lokasi tersebut. Mereka sengaja datang untuk memastikan apakah seblang diadakan ataukah tidak. Setelah melihat lokasi sepi, banyak pengunjung yang terlihat kecewa. Apalagi, sebagian pengunjung tersebut tidak mengetahui penundaan tersebut sebelumnya. 

 Ketua Adat Paguyuban Seblang, Anshori, 50, saat dikonfirmasi melalui telepon kemarin mengatakan, ritual seblang tidak diadakan kemarin. Panitia masih menunggu petunjuk sesepuh lain. “Daripada kita paksakan dan tidak jadi seperti kemarin, lebih baik ditunda dulu, nanti akan kami informasikan jika memang akan diadakan kembali,” jelas Anshori.

Sekadar diketahui, ritual seblang di Desa Olehsari yang diadakan tahun ini memang tidak berjalan mulus. Dua hari berturut-turut sang penari tidak mengalami kerasukan. Hal tersebut menyebabkan panitia berkesimpulan bahwa sang roh belum berkehendak. Sebab, selama ini penari seblang dipilih berdasar mimpi atau kesurupan yang dialami sesepuh atau keturunan penari seblang.  

Sementara itu, Husairi, 49, seorang warga Desa Olehsari mengatakan, banyak tamu yang kecewa. Lelaki yang juga membuka warung bakso tersebut menceritakan, ada wisatawan dari Lumajang yang sengaja datang dan menginap selama dua hari demi melihat tari seblang. Ketika ditanya mengenai penari yang tidak dapat kerasukan, dia menjelaskan bahwa kasus seperti itu sebelumnya  pernah terjadi. “Dulu jika sudahdicoba tapi roh halus tetap tidak  mau masuk, biasanya akan dipilih penari seblang baru,” jelas Husairi. (radar)

Loading...

Baca Juga :