Tiga Jam Menari Seraya Terpejam

0
2128
Seblang menari dalam kondisi tak sadarkan diri didampingi tetua adat di Desa Olehsari, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, sore kemarin.

GLAGAH – Tradisi Seblang tahun dimulai dipentas terbuka Desa Olehsari, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, siang kemarin (30/6). Tontonan yang menampilkan penari Seblang berlenggok-lenggok selama beberapa jam dalam kondisi tak sadarkan diri itu menarik perhatian ratusan pengunjung.

Acara tahunan ini digelar pada tanggal 6 Syawal dan akan berlangsung selama sepekan. Kabid Kebudayaan Disbudpar Banyuwangi, Choliqul Ridho menjelaskan kerasukan penari Seblang biasanya berlangsung pada enam hari sebelum Lebaran.

Akhirnya, penari Seblang tahun ini dilakoni oleh Fadiah Yulianti yang masih berusia 11 tahun. Fadiah masih duduk di kelas 4 SDN 1 Glagah. Anak kedua pasangan Misati dan Juli itu sudah terpilih menjadi penari Seblang selama dua tahun berturut-turut.

Tahun sebelumnya, dia terpilih sebagai penari Seblang menggantikan sepupunya, Suidah yang telah menikah. Masyarakat setempat mempercayai bahwa penari Seblang harus seorang gadis dan masih memiliki garis keturunan Seblang.

Sementara itu, persiapan tradisi Seblang dimulai pukul 13.00 kemarin. Fadiah berdandan di rumah ketua adat dan menjalani Atal (lulur warna kuning). Dia hanya berias bedak tipis, pesona mata, dan lipstik.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last

Baca :
Cegah Penyebaran Covid-19, PT KAI Daop 9 Kurangi Rute Banyuwangi