Penyu Lekang Bertelur di Pantai Boom

0
76

Penyu-jenis-lekang-sedang-bertelur-di-Pantai-Boom-pukul-23.00-Minggu-kemarin.

BANYUWANGI – Bulan Juni sampai Juli diperkirakan sebagai musim penyu bertelur di sepanjang pantai timur Pulau Jawa. Setelah pekan lalu ada tiga ekor penyu bertelur di Pantai Boom, kemarin malam (30/5) ada satu ekor lagi yang bertelur.

Loading...

Penyu jenis lekang dengan nama lain olivie ridley sea turtle itu ditemukan tiga Relawan Banyuwangi Sea Turtle Foundation (BSTF) pukul 23.00. Kali ini penyu berdiameter sekitar satu meter tersebut meninggalkan telur sebanyak 38 butir.

Ardis Sandi, relawan BSTF sekaligus perwakilan Balai Konservasi Sumber Daya Alam  (BKSDA) Wilayah Banyuwangi, mengatakan kemungkinan penyu yang bertelur kali ini masih  kali pertama mendaratkan kaki di Pantai Boom.  Sebab, biasanya dalam satu musim seekor penyu  bisa bertelur hingga tiga atau empat kali.

“Rentang  waktunya antara tujuh hari hingga empat belas  hari,” ujar Ardis.  Dengan begitu, BSTF atau Ya yasan Penyu Banyuwangi dalam bulan ini sudah menampung 2.334 dari 24 sarang yang berhasil diselamatkan.

Di Pantai Boom bulan Mei ini ada tujuh sarang. Sisanya 11 sarang di  pantai Mirah Fantasia, empat sarang di pantai Sobo, dan dua sarang di Pantai Bomo, Rogojampi.  Dengan begitu, sejak Desember 2015 hingga bulan ini, BSTF sudah berhasil menangkarkan telur penyu jenis lekang sebanyak  3.411 butir.

Telur-telur tersebut dieramkan dalam pasir di penangkaran  semi alami milik BSSTF di kawasan Panti Boom. Penangkaran tersebut merupakan sumbangan PT. Pelindo Properti Indonesia yang peduli pelestarian penyu di Banyuwangi. (radar)

loading...