Penyu Tinggalkan 115 Telur

0
195

penyutinggalkanBANYUWANGI – Untuk kali keempat, seekor penyu ukuran besar kembali mendarat di Pantai Boom, Banyuwangi. Penyu jenis lekang ((Lepidochelys olivacea) itu mendarat tepat di dekat lapangan bola voli di kawasan Pantai Boom, Kelurahan Kampung Mandar, pukul 20.00 Sabtu malam (17/5). Tak pelak, kehadiran penyu warna abu-abu itu langsung mengundang perhatian warga yang tengah menikmati keramaian malam Minggu di Boom.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Setelah jejak penyu ditelusuri, seorang relawan penyelamat penyu, Ardis, berhasil menemukan 115 burit telur punyu. Dibantu relawana lain, selanjutnya ratusan telur penyu tersebut dipindahkan ke sarang penetasan semi alami yang didirikan Banyuwangi Sea Turtle Foundation (BSTF) di kawasan Pantai Boom.Meski ramai orang, penyu tersebut berani mendarat. Dari jejak yang terlacak, kita temukan 115 butir telur penyu,’’ kata Ardis kepada koran ini. 

Selanjutnya, penyu ukuran jumbo itu langsung dilepas kembali ke laut. Proses pelepasan mengundang perhatian warga. Mereka ingin melihat langsung jenis penyu yang mendarat di Pantai Boom. ”Ini fenomena menarik. Tidak semua pantai bisa didarati penyu,’’ ujar Rudi, warga Makasar yang malam itu kebetulan tengah berada di Pantai Boom.

Sudah empat kali ini penyu jenis lekang bertelur di Boom. Sebelumnya (30/4) Ardis bersama Ali Topan, warga Kelurahan Kampung Mandar, berhasil menemukan 127 butir telur penyu. Sehari kemudian, Rabu malam (30/4), warga kembali menemukan jejak penyu mendarat di Pantai Boom. Kali ini mereka berhasil memindahkan 130 butir telur penyu dari lokasi penemuan ke sarang semi alami. 

Sebelumnya juga di pantai Pulau Santen yang hanya berjarak sekitar 200 meter arah selatan Pantai Boom. warga mengendus jejakpenyu di pantai Pulau Santen. `Sementara itu, Jumat malam (2/5) penyu kembali mendarat di Pantai Boom sekitar pukul 21.30. Lokasi pendaratan penyu itu tidak jauh dari bangunan eks kantor Bea Cukai Pantai Boom. Kali ini pengurus BSTF dan warga mendapati jejak penyu berkelok-kelok. Setelah digali, warga menemukan 102 butir telur penyu. Malam itu juga telur-telur tersebut dipindahkan ke sarang semi alami. (radar)

Loading...