Perahu Layar ’’Drag Race’’ 300 Meter

0
504

ROGOJAMPI – Para nelayan di Desa Blimbingsari, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi, menggelar balapan perahu  layar kemarin (9/11). Lomba kecepatan perahu dalam berlayar itu digelar untuk menyemarakkan Petik laut dan tahun baru  Islam 1437 Hijriah.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Balap perahu layar yang dimulai sejak Minggu (8/11) itu  ibuka Komandan Pangkalan  TNI AL (Danlanal) Banyuwangi, Letkol  Laut (P) Wahyu Endriawan, dengan ditandai  tembakan ke udara.  Begitu mendengar suara tembakan, sejumlah perahu yang sudah berjejer di garis pemberangkatan langsung bergerak.

Mereka mengatur layar agar bisa menjadi yang tercepat di garis finis dengan jarak pendek mirip drag race sejauh 300 meter. “Kalau nelayan  yang sudah biasa ya mudah,”  cetus Giman Rossi, 46, salah satu peserta balapan perahu layar.

Meski lomba itu dilaksanakan dengan sederhana dan hadiahnya tidak besar, para peserta tetap bersemangat. Mereka menganggap  balap perahu layar itu sebagai adu  ketangkasan. “Hanya berebut gengsi. Hadiahnya tidak seberapa,”  kata Giman yang kemarin dinobatkan  menjadi juara pertama.

Loading...

Meski sudah terbiasa melaut menggunakan perahu layar, sejumlah nelayan mengaku masih kesulitan mengembangkan layar perahu. Selain butuh ketenangan dan tenaga ekstra, mereka dituntut cekatan dan tidak grogi.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2