Peringkat LPPD Naik Pesat

0
119

Dulu Ranking 241, Kini Ranking 26 Nasional


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Kinerja laporan penyelenggaraan pemerintah daerah (LPPD) Banyuwangi tahun 2013 berada di peringkat 26 nasional. Peringkat 26 Banyuwangi itu naik dari sebelumnya yang bercokol diperingkat 241 kabupaten/kota se-Indonesia. Peringkat 241 yang di sandang Banyuwangi itu sudah berlangsung sejak sepuluh tahun lalu. Dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir, peringkat Banyuwangi stagnan di angka 241 dari 502 kabupaten/kota di Indonesia.

Peringkat terbaru yang di peroleh Banyuwangi itu di sampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi dalam Pembukaan Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musren bangnas) 2013 di Jakarta Selasa (30/4) lalu. Dalam kesempatan itu, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyampaikan peringkat terbaru kabupaten/ kota dan provinsi di depan ratusan bupati dan gubernur.

Loading...

Meroketnya peringkat Banyuwangi itu disampaikan Bu pati Abdullah Azwar Anas saat membacakan pidato Mendagri dalam rangka upacara peringatan Hari Otonomi Daerah di Taman Blambangan kemarin (2/5) Seperti tahun-tahun sebelumnya, peringatan Hari Otonomi Daerah dijadikan satu paket dengan peringatan Hardiknas yang rutin digelar 2 Mei. Bupati Anas menyampaikan, naiknya peringkat Banyuwangi merupakan prestasi besar rakyat Banyuwangi.

Naiknya peringkat Banyuwangi itu dipicu sejumlah perbaikan yang di lakukan pemerintah daerah. Faktor-faktor yang dinilai meliputi pengelolaan administrasi, perencanaan pembangunan, penyusunan perda, capaian pembangunan, dan pengelolaan anggaran. Capaian terbaru itu merupakan bukti bahwa kerja keras seluruh rakyat Banyu wangi selama ini tidak sia-sia. “Penilaiannya cukup banyak dan komprehensif,” cetus Bu pati Anas.

Korelasi peraturan yang dibuat dengan implementasi di lapangan, kata Bupati Anas, juga masuk penilaian. Walau peringkat Banyuwangi naik drastis, tapi Bupati Anas tetap mengajak semua elemen masyarakat bekerja keras. Demi mencapai cita-cita Banyuwangi lebih baik, tambah Bupati Anas, Banyuwangi masih membutuhkan waktu dan perjuangan panjang. Karena itu, ca paian terbaru yang diperoleh Banyuwangi itu jangan sampai menyurutkan kerja keras rakyat Kota Gandrung. (radar)

Loading...