Petani Cabai Untung Besar

0
214

petaniBANYUWANGI – Merangkaknya harga cabai di Banyuwangi membuat petani sektor cabai mendapat keuntungan lebih dari pada bulan-bulan biasanya. Petani bisa menjual cabai dengan harga Rp 37.000 kepada pengepul. Berbeda dengan harga cabai di bulan-bulan sebelumnya yang hanya berkisar Rp 7.000 hingga Rp 8.000 perkilogramnya. Seperti yang diungkapkan salah satu petani cabai, asal Singojuruh, Nindo Supriyadi, 31. Pada bulan Oktober hingga November ini, keuntungan yang di peroleh petani cabai meningkat 50 persen dari biasanya.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Loading...

“Saya menanam cabai dengan modal Rp 25 juta di lahan setengah bahu, bisa balik modal setengahnya,” ujar Nindo. Namun, keuntungan tersebut di anggap belum maksimal. Pasalnya, musim panas kemarin, hasil produksi cabai menurun karena tanaman banyak yang rusak. Kerusakan mencapai hingga setengah dari jumlah tanaman yang ditanam. “Dari 6500 pohon cabai yang saya tanam, kira-kira 50 persennya mengalami kerusakan, sama petani cabai lainnya mengeluhkan hal yang sama,” jelas Nindo. 

Meski kenaikan harga cabai ditaksir bertahan IIingga tahun depan, tidak membuat petani cabai bergairah menanam cabai kembali. “Sebentar lagi kan musim hujan, modal untuk menanam cabai kalau musim hujan akan lebih tinggi, proses penanaman dan pemeliharaan tanaman pun lebih sulit ketika musim hujan,” terangnya. Seperti pengalaman- pengalaman sebelumnya, hasil pmduksi cabai akan lebih rendah ketika musim hujan. Pada musim hujan ini, petani cabai banyak yang beralih menanam tanaman padi. (radar)

Loading...