Plawangan Dipercaya Ditunggu Sosok Gaib

0
661

PURWOHARJO-Kawasan plawangan di daerah pantai Grajagan, Kecamatan Purwoharjo, selama ini dianggap angker.  Para nelayan, harus ekstra hati-hati  bila melintas di sekitar perairan itu. Selama ini nelayan di pesisir Pantai  Selatan itu sudah banyak yang menjadi  korban.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Perahu dan kapal yang dinaiki, tumbang saat melintas daerah yang  menjadi pertemuan ombak besar laut selatan dengan sungai segoro anakan. Warga percaya di plawangan itu ada penunggunya,” cetus Jumari, 40, salah satu tokoh nelayan Grajagan.

Bagi sebagian nelayan Grajagan,  terang dia, percaya penunggu plawangan itu seorang nenek bersama cucunya. Nenek penunggu itu memiliki  selendang bersisik emas dengan panjang dari plawangan hingga ke wit  duwur (pohon tinggi) yang terletak di  Taman Wisata Bedul, masuk Taman Nasional Alas Purwo (TNAP) di Desa  Sumberasri, Kecamatan Purwoharjo.

“Nenek baik, cucunya jahat,” terangnya. Bila nelayan memiliki niat jelek di laut,  tidak jarang mengalami kecelakaan saat  melintas di plawangan. “Biasanya kapal  terbalik dan karam bila mempunyai  niat jelek di laut,” ungkapnya.

Nelayan lainnya, Harjito, mengungkapkan kedalaman plawangan itu hanya sekitar lima meter. Ganasnya arus menjadi kendala para nelayan,  apalagi dasar plawangan itu berbentuk  palung. “Berani atau tidak, kita tetap melewati ganasnya ombak plawangan,  karena rezeki kita ada di lautan,” katanya. (radar)

Loading...

JUAL KAYU MURAH BERBAGAI JENIS & UKURAN

JUAL KAYU MURAH BERBAGAI JENIS & UKURAN

"JUAL KAYU MERANTE-KAMPER-BORNEO-DLL.ASAL SUMATRA" "UKURAN KAYU BORNEO" 1).KAYU BORNEO RENG RENG: 3 x 4 x 400 cm = Rp. 2.000.000…
10/10/2018
JAKARTA

Kata kunci yang digunakan :