Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Proyek Guest House Turis Ijen Molor

BANYUWANGI – Meski tahun anggaran 2012 sudah berlalu, tapi proyek pembangunan guest house untuk wisatawan asing yang akan menuju Gu nung Ijen di Paltuding belum rampung. Sej atinya, proyek yang menggunakan anggaran APBD 2012 itu sudah rampung Desember lalu. Hingga kemarin (19/1), bangunan yang akan digunakan sebagai “rumah sing gah” bagi wisatawan asing yang akan menuju kawah Ijen itu belum clear.

Akibatnya, gedung yang dilengkapi toilet berkelas internasional itu belum bisa dimanfaatkan. Selama ini, wisatawan asing yang berkunjung ke kawah Ijen mengeluhkan minimnya fasilitas. Salah satu yang menjadi keluhan wisatawan adalah tidak adanya kamar mandi yang memenuhi standar. Atas keluhan itu, Pemkab Banyuwangi memutuskan membangun rumah singgah di Paltuding. Anggaran pembangunan rumah singgah itu sudah pernah dimasukkan dalam APBD 2011. Hanya saja, pada tahun 2011 proyek tersebut tidak bisa dilaksanakan karena gagal tender .

Dalam proses lelang tender, semua penawaran tidak ada yang memenuhi standar yang di inginkan pemerintah daerah. Lantaran 2011 gagal di laksanakan, pemkab kembali memasukkan anggaran proyek ter sebut pada APBD 2012. Pada tahun 2012, kualitas bangunan diturunkan dari tahun sebelumnya. Kepala Dinas Bina Marga, Cip ta Karya, dan Tata Ruang, Mudjiono, membenarkan bahwa proyek tersebut belum rampung. Pelaksana proyek tidak bisa menyelesaikan proyek tersebut di tahun anggaran 2012 karena beberapa persoalan. Meski tidak selesai, tapi pihak pelaksana sanggup menyelesaikan.

Salah satu penyebab molornya proyek tersebut adalah medan cukup sulit. Hal itu menyebabkan pengiriman material ke lokasi memakan waktu panjang. Selain medan berat, pengerjaan proyek ter sebut terbentur cuaca. Sebab, sejak awal Desember hujan hampir terjadi setiap hari. “Lantaran telat, pihak pelaksana kita denda sesuai aturan,” katanya. Anggaran dalam APBD 2012 hanya difokuskan pada kegiatan arsitektur. Anggaran pengerjaan interior dan elektrik masuk APBD 2013. “Anggaran finishing masuk anggaran 2013,” tegasnya. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE