PSK Berjilbab Turun Jalan

0
2373
PAKAI JILBAB: Pendemo long march dari kampus Untag Banyuwangi menuju kantor pemkab lalu dilanjutkan ke kantor DPRD.

BANYUWANGI – Langkah Pemkab Banyuwangi yang didukung ormas Islam menutup tiga lokalisasi pekerja seks komersial (PSK) di Bumi Blambangan menemui rintangan. Kemarin, ratusan massa yang tergabung dalam Gerakan Peduli Rakyat Banyuwangi (GPRB) turun ke jalan. Mereka menuntut pemkab membatalkan kebijakan penutupan lokalisasi tersebut.

Dalam aksinya, massa melakukan long marchdari pertigaan Jalan Raya Adi Sucipto, depan Kampus Untag Banyuwangi, menuju Jalan Raya Ahmad Yani. Tepat di depan kantor bupati, massa menggelar orasi. Spanduk dan poster bernada penolakan penutupan lokalisasi mereka bentangkan. Menariknya, sebagian PSK dan mucikari yang ikut demo kemarin ada yang mengenakan jilbab.

Sampai di pemkab, sepuluh perwakilan pendemo diizinkan masuk ke kantor pemkab untuk berdialog dengan Asisten Kesejahteraan Rakyat, Suhartoyo Hadir juga asisten Pemerintahan, Abdullah; Kepala BPMPD, Peni Handayani; Kepala Dinas Sosial, Te naga Kerja, dan Transmigrasi, Iskandar Azis; dan Kepala Bidang Pencegahan Penyakit Menular Dinas Kesehatan (Dinkes), Waluyo.

Dikonfirmasi usai berdialog dengan perwakilan pendemo, Suhartoyo menampik pemkab telah melakukan penutupan lokalisasi. “Tidak ada penutupan karena lokalisasi-lokalisasi itu ilegal, tidak ada izinnya. Kalau ilegal kenapa harus kita tutup. Karena itu, kami ha nya menghentikan aktivitas prostitusi di lokalisasi-lokalisasi ter sebut,” terangnya. Suhartoyo juga membantah pemkab tebang pilih dalam melakukan pemberdayaan para PSK dan mucikari.

Sebab, selain sudah menggelar pelatihan keterampilan jahit-menjahit dan tata rias di Lokalisasi Sum berloh, Kecamatan Si ngo juruh; Gempol Porong, Kecamatan Clu ring; dan Lokalisasi Pakem di Kecamatan Banyuwangi; pemkab kini juga sedang menunggu bantuan dari pusat untuk 130-an PSK yang bersedia alih profesi. Masing-masing PSK akan mendapat bantuan senilai Rp 3 juta.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last