PT Askes Canangkan Puskesmas Berbasis Dokter

0
141
JALIN KERJASAMA: Penandatangan bersama PT Askes Banyuwangi dengan Dinas Kesehatan Banyuwangi.

BANYUWANGI – Kerja sama peningkatan kualitas layanan kesehatan dan kualitas hidup masyarakat dit- abuh PT Askes (Persero) dengan Pemkab Banyuwangi. Hubungan ini diwujudkan dalam bentuk pencanangan Banyuwangi sebagai proyek percontohan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan melalui program Puskesmas berbasis dokter keluarga. Dalam pelaksanaannya nanti, minimal Puskemsmas akan me- miliki dua orang dokter.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Adapun di Banyuwangi ada delapan puskesmas yang menjadi bagian program ini. D iantaranya Puskesmas Mojopanggung, Gitik, Singojuruh, Tegaldlimo, Sempu, Sepanjang, Sambirejo, dan Pesanggaran. Program ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan kes- ehatan tingkat pertama bagi peserta Askes. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memfasilitasi penyediaan pelayanan kesehatan dasar berbasis dokter keluarga di puskesmas secara holistik dan komprehensif (quality of care).

Selain itu diharapkan pula dapat mendorong peningkatan pengetahuan dan kesehatan peserta (health outcome). Selanjutnya, Puskesmas berbasis dokter ini dapat mengoptimalkan kinerja puskesmas sebagai fungsi gate keeper dalam aspek pembiay- aan dan pelayanan kesehatan yang rasional (cost ef ective). Disisi lain juga dapat menciptakan pola hubun- gan komunikasi dan interaksi antara dokter dan pasien dalam pelayanan kesehatan tingkat pertama.

Terakhir, program ini dapat meningkatkan kepuasan peserta Askes khususnya dan masyarakat pada umumnya, Dalam tugasnya nanti, Puskes- mas dapat memberikan pelayanan kesehatan rawat jalan tingkat pertama dengan jenis pelayanan konsultasi medis & penyuluhan kes- ehatan, pemeriksaan dan engobatan oleh dokter, tindakan medis kecil (ringan), dan pemeriksaan penunjang laboratorium sederhana.

Selain itu pemeriksaan ibu hamil, nifas dan ibu menyusui, bayi dan anak balita, upaya penyembuhan terhadap efek samping kontrasepsi, pemberian obat pelayanan dasar dan pelayanan obat kronis atas indikasi medis (rujuk balik). Selain itu Puskesmas ini dapat memberikan surat rujukan ke rumah sakit atau dokter spesialis untuk ka- sus yang tidak dapat ditangani dokter keluarga.

Direktur Utama PT Askes (Persero) dr. I Gede Subawa, MKes, menyampaikan bahwa manfaat dari penerapan program Puskesmas berbasis dokter keluarga tersebut di antaranya terselenggaranya pelayanan pencegahan penyakit dan dijamin kesinambungan pelayanan kesehatan. Selain itu, lanjut Gede Subawa, mengintegrasikan layanan lanjutan dengan tingkat pertama, dapat diselenggarakannya penanganan kasus penyakit dengan tata cara yang lebih sederhana, dan mencegah pemakaian berbagai peralatan kedokteran canggih yang memberatkan biaya kesehatan.

“Di samping itu program ini dapat meningkatkan kepedulian dokter terhadap peserta Askes serta sekaligus mempererat hubungan dokter dan penderita,” katanya. Pencanangan program itu juga dibarengin dengan pemberian bantuan sarana umum dan peningkatan kualitas rumah sehat layak huni. Total nilai bantuan mencapai Rp 600 juta rupiah yang diwujudkan dalam renovasi pembangunan rumah tangga miskin (RTM) sebanyak 100 rumah di Kecamatan Banyuwangi dan Kecamatan Giri.

Selain itu PT Askes (Persero) juga memberikan bantuanperbaikan sarana lingkungan RTM sebesar Rp 50 juta serta bantuan peningkatan kesehatan sebesar Rp 50 juta rupiah. Perbaikan rumah tersebut meliputi perbaikan dinding rumah setinggi 50 cm dengan batubata plester, dinding atas ayaman bambu (gedeg ) dengan dicat, pintu masuk depan dengan kusen dan daun pintu, jendela depan dengan kusen dan kaca, lantai plester semen dan teras di plester. (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :