Puluhan Asongan Pelabuhan Ketapang Dipindah

0
204
Pelabuhan Ketapang

Dikumpulkan di Satu Lokasi

KALIPURO – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ketapang memindahkan pedagang asongan dan warung nasi di dalam kawasan Pelabuhan Ketapang. Para pedagang kini sudah dipindahkan ke tempat yang sudah disediakan.

Ada dua lokasi yang biasa di pilih oleh para pedagang yaitu di lantai dua gedung PT ASDP dan di sebelah utara pintu masuk pejalan kaki. Lapak yang disediakan tersebut dapat menampung sebanyak 8 gerobak pedagang. Mereka akan dikenakan biaya sewa tempat yang akan difasilitasi oleh PT ASDP.

Loading...

“Sudah hampir dua minggu pindah di sini. Lebih bersih dan nyaman,” ujar Nasiah, 50, pedagang nasi. Pedagang yang biasa mangkal di sekitar area parkir PT ASDP dipindahkan ke tempat yang lebih layak dan fasilitas yang lengkap.

Para pedagang mengaku jika saat ini mereka di beri keringanan oleh pihak PT ASDP. Pedagang yang menyewa lapak tidak dipungut biaya alis free selama dua bulan pertama. “Alhamdulillah diberi kelonggaran oleh PT ASDP dibebaskan membayar dua bulan. Lumayan biasa sekalian kumpulin modal,” ucap Nasiah.

Pihak PT ASDP berusaha untuk merangkul semua kalangan termasuk pedagang asongan yang biasa mangkal di sekitar pelabuhan. Mereka diberi fasilitas tempat agar dapat berkumpul disatu titik dan tidak membuat lapak liar di area pelabuhan.

“Kalau pedagang asongan sudah kami pindahkan ke tempat yang sudah kami sediakan,” jelas Manager Operasional PT. ASDP Ketapang, Ardhi Ekapaty. Semua pedagang sudah di data oleh tim yang bertugas.

Selain disediakan lapak mereka juga di beri sosialisasi agar membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan. Tujuannya agar tidak mengganggu kenyamanan penumpang kapal.

“Kami beri keringanan free dua bulan agar para pedagang merasa lebih nyaman di area baru tersebut,” tandas Ardhi. (radar)

loading...