Puluhan Relawan Ikrar Peduli Lingkungan

0
343
SIAP MENGABDI: Para relawan peduli lingkungan mengucap ikrar.

BANYUWANGI – Dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup se-Dunia kemarin (5/6), puluhan orang yang berasal dari 24 kecamatan se-Banyuwangi mengucapkan ikrar relawan lingkungan. Mereka siap membantu melaksanakan program bidang lingkungan hidup. Khususnya bidang pemberdayaan masyarakat. Para relawan tersebut akan menjadi partner Badan Lingkungan Hidup (BLH) Banyuwangi untuk memotifasi masyarakat agar sadar lingkungan.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

“Para relawan diharapkan mampu mengajak masyarakat peduli dan mau berbuat untuk kelestarian lingkungan,” ujar Pelaksana Harian (Plh) Kepala BLH Banyuwangi, Husnul Chotimah. Kegiatan yang berlangsung di halaman kantor BLH Banyuwangi itu dihadiri oleh Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko, dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Banyuwangi. Ikrar relawan lingkungan tersebut dirangkai dengan kegiatan lain yang juga dilaksanakan untuk mendukung program Banyuwangi Hijau dan Bersih (Green and Clean).

Di antaranya, penyerahan bantuan simbolis tanaman langka jenis kedompyong, kayu rebon, dan kayu merbau Irian kepada SMK Negeri 1 Banyuwangi. Selanjutnya, BLH menyerahkan bantuan tempat sampah dan komposter kepada dua desa, yakni Desa Sepanjang, Kecamatan Glenmore, dan Desa Sumbersewu, Kecamatan Muncar. Selebihnya, BLH memberikan santunan kepada siswa tidak mampu yang berasal dari sekolah terdekat, yakni SD Negeri 3 Mojopanggung.

Tidak hanya itu, untuk lebih menyukseskan program Banyuwangi Green and Clean, para relawan lingkungan tersebut lantas mendapat pelatihan pengelolaan sampah organik dan anorganik. “Relawan lingkungan sangat penting artinya bagi BLH. Kita butuh patner kerja di lapangan untuk memberdayakan masyarakat. Ke depan, kita rencanakan minimal ada satu relawan lingkungan di setiap desa di Banyuwangi,” terang Husnul.

Sementara itu, dalam sambutannya, Wabup Yusuf Widyatmoko menyampaikan apresiasinya kepada para relawan yang telah meneguhkan ikrar bersama dalam rangka menyukseskan program Banyuwangi Green and Clean. “Langkah ini diharapkan bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan kualitas lingkungan hidup yang lebih baik. Karena kunci dalam mengatasi permasalahan lingkungan hidup adalah peran serta seluruh komponen masyarakat itu sendiri,” paparnya. (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :