Puluhan Siswa di Banyuwangi Absen UNBK

0
144


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berlanjut kemarin (3/4). Secara umum, penyelenggaraan ujian nasional (UNAS) berbasis teknologi informasi (TI) kali ini berjalan lebih lancar dibandingkan hari pertama Senin (2/4) lalu.

Kendala bandwidth yang mengakibatkan pemuatan (loading) soal berjalan lambat tidak lagi terjadi kemarin. Jika di hari pertama proses loading saat perpindahan dari soal yang satu ke soal yang lain membutuhkan waktu lima sampai enam detik, pada pelaksanaan UNBK hari kedua kemarin proses loading soal hanya memakan waktu sekitar sedetik.

Ketua Panitia UNBK SMK PGRI 2 Giri Arif Rahman mengatakan, secara umum pelaksanaan UNAS di sekolah tersebut berjalan lancar. “Loading soal juga tidak lemot (lambat),” ujarnya.

Kepala Cabang (Kacab) Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Wilayah Banyuwangi Istu Handono menuturkan, proses loading soal berjalan lambat atau tidak tergantung bandwidth masing-masing sekolah.

Loading...

“Karena itu, kami menginstruksikan seluruh sekolah penyelenggara mengontrol bandwidth masing-masing,” kata dia.

Istu menambahkan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan perusahaan telekomunikasi pelat merah yang menyediakan jasa sambungan internet untuk memastikan bandwidth internet stabil selama UNBK.

“Sedangkan untuk sekolah yang menggunakan sambungan intemet dari vendor lain, sekolah tersebut kami instruksikan untuk berkomunikasi dengan pihak vendor,” kata dia.

Sementara itu, total siswa SMK di Banyuwangi yang terdaftar sebagai peserta UNBK tahun ini mencapai 10.353 orang. Mereka berasal dari 73 SMK negeri dan swasta se-Bumi Blambangan.

Namun saat UNBK berlangsung, tidak semua siswa mengikuti UNAS papertess tersebut. Diperoleh keterangan, jumlah siswa yang absen UNBK hari pertama mencapai 61 orang.

Istu menuturkan, sebanyak 54 orang di antara 61 siswa yang tidak mengikuti UNAS tersebut telah mengundurkan diri secara permanen sebelum pelaksanaan UNBK.

“Jadi, pada prinsipnya siswa aktif yang tidak mengikuti UNBK sebanyak tujuh orang. Lima tidak mengikuti UNBK karena sakit, sedangkan dua siswa tidak hadir tanpa keterangan,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, UNBK SMK bakal berlangsung selama empat hari. Pada hari pertama siswa mengerjakan soal Bahasa Indonesia. Hari kedua ujian mata pelajaran Matematika. Pada hari ketiga atau hari ini (4/4) siswa akan menghadapi ujian mata pelajaran Bahasa Inggris. Sedangkan pada hari terakhir besok (5/4), siswa menjalani ujian teori Kejuruan.

Loading...