Puncak Harjaba, Ribuan Syekher Mania Banyuwangi Padati Stadion

0
558


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Rangkaian peringatan Hari Jadi Banyuwangi (Harjaba) ke-246 mencapai puncak tadi malam (19/12). Setelah menggelar upacara peringatan Harjaba serta Kelas Motivasi dan Inspirasi Senin lalu (18/12), Pemkab Banyuwangi menggelar even Banyuwangi Berselawat untuk Bangsa dengan menghadirkan Habib Syekh bin Abdul Qodir Assegaf.

Sejak sore ribuan orang datang secara bergelombang ke lokasi acara, yakni Stadion Diponegoro. Selepas salat Magrib, kawasan stadion kebanggaan masyarakat Banyuwangi itu pun telah dipadati Syekhermania, sebutan para pencinta Habib Syekh.

Tua muda, laki-laki dan perempuan datang secara bergelombang untuk mengikuti selawat untuk bangsa ini. Saat membuka acara, Habib Syekh memuji Bupati Anas karena dari Jakarta langsung menghadiri selawat. Sebagai pembuka, Habib Syech langsung melantumkan Mabruk Alfa Mabruk.

Selawat tersebut langsung disambut hangat oleh ribuan Syekhermania. ”Selamat Ulang Tahun Banyuwangi yang ke-246,’’ teriak Habib Syech.

Berikutnya, Habib Syech menyihir dengan syiir cinta tanah air Ya Lal Wathon. Cuaca yang cerah malam itu, membuat Syekhermania  lebih kusyuk mengikuti selawat yang dikumandangkan ulama yang lahir di  Solo, 20 September 1961 tersebut.

Dibanding tahun sebelumnya, kali ini jamaah yang datang lebih banyaku. Jamaah yang berasal dari seantero Banyuwangi dan daerah sekitar tersebut, bersama-sama melantunkan doa dan sholawat untuk keselamatan bangsa Indonesia.

Selama selawatan berlangsung, tidak sedikit Syekhermania yang mengibarkan bendera merah putih. Selain itu, tidak sedikit pula hadirin yang mengibarkan bendera bertulisan Syehkermania lengkap dengan nama daerah atau kecamatan asal mereka.

“Kita bersama-sama berdoa dan berselawat untuk memohon perlindungan kepada Allah. Agar bangsa Indonesia, semoga senantiasa diberikan ketentraman dan kesejahteraan dibawah UUD 1945 dan NKRI,” ujar Bupati Abdullah Azwar Anas saat membuka acara.

Menurut Anas, tantangan tahun depan semakin berat. Namun sesulit apapun tantangan yang akan datang, bukan berarti tidak ada jalan keluarnya. ”Dengan berdoa dan bersholawat bersama ini, semakin memudahkan ikhtiar Banyuwangi dalam menyelesaikan tantangan yang datang,” harap Anas.

Sekadar diketahui, bukan kali ini saja rangkaian peringatan Harjaba diwarnai even selawat masal. Kegiatan serupa juga digelar pada tahun lalu yang sekaligus menjadi puncak peringatan Harjaba ke-245.

Loading...

Baca Juga :