Ribuan Warga Saksikan Banyuwangi Kite Festival

0
869

BANYUWANGI – Suasana kawasan pantai Boom Banyuwangi Sabtu siang kemarin (15/8) terlihat cukup meriah.  Ratusan orang berkerumun di hamparan  pasir dengan membawa benang dan  layang-layang.  Tak hanya layangan konvensional model wajik, beberapa layang-layang dengan motif penari gandrung, seblang, dan  kebo-keboan, tampak mengangkasa dengan indah.

Layang-layang cantik berukuran besar tersebut memeriahkan acara Banyuwangi Kite Festival yang digelar di Pantai Boom. Festival kali ini memang tergolong berbeda dengan yang lain. Meski baru kali pertama digelar, antusias warga yang mengikuti lomba tersebut sangat besar.

Ratusan peserta dari segala usia turut memeriahkan lomba layangan tersebut. Bahkan, pelantun lagu “Layangan”, yaitu  Catur Arum, turut menerbangkan layangan hias. “Saya senang sekali ada lomba seperti ini. Malah saya berharap setiap tahun lomba semacam ini diadakan.

Saya bersama sepuluh orang membuat layangan ini selama sepuluh hari,” kata Catur. Catur yang mewakili Kecamatan Banyuwangi menampilkan layang-layang berbentuk omprog (mahkota penari gandrung) dengan diameter dua meter.

Total hadiah lomba yang mencapai Rp 30 juta rupanya cukup menarik minat masyarakat, sehingga semua berlomba-lomba membuat layang-layang terbaik. Ragam corak layang-layang bermotif budaya khas Banyuwangi yang ditampilkan dalam lomba layangan hias ini bisa dibilang  bermacam-macam.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | ... | Next → | Last

Baca :
Mancing di Laut, Pria Asal Muncar Ditemukan Tewas Tenggelam