Rp 12 Miliar Dana Desa Parkir di Kas Daerah

0
474

 erserap Rp 35,6 M dari Total Transfer APBN Capai Rp 47,9 M


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Hingga Oktober lalu transfer bantuan dana desa (DD) dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBD) ke  kas daerah sudah mencapai Rp  47,9 miliar. Walau sudah masuk Rp 47,9 miliar, tapi yang terserap  ke rekening kas desa baru sekitar  74,31 persen atau sekitar Rp 35,6 miliar.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa  (BPM-PD), Suyanto Waspo Tondo, mengatakan pada tahun 2015 APBN mengalokasikan DD untuk Banyuwangi sebesar Rp 59,8 miliar untuk dibagi ke 189 desa.

“Kita sudah  mendapat transfer dua kali dengan total Rp 47,9 mi liar. Tahap pertama pada April dan tahap kedua akhir  Juli 2015 lalu. Tahap III akan cair  pada bulan ini,” kata Yayan, sapaan akrabnya. Yayan menjelaskan, dana desa ini sengaja diberikan pemerintah  pusat lewat APBD untuk mendukung pembangunan desa agar kuat dan mandiri.

Sesuai Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi  Nomor 5 Tahun 2015 tentang penetapan prioritas penggunaan dana desa, dana desa bisa digunakan untuk penyelenggaraan pemerintahan desa.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last