Polisi Ikut Terlibat Awasi ADD dan DD

0
182
Ilustrasi Miliaran Rupiah ADD dan DD

BANYUWANGI – Operasi tangkap tangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dana Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) di Pamekasan menjadi pelajaran menarik bagi kabupaten berjuluk The Sunrise Of Java. Untuk mengantisipasi penyimpangan penggunaan ADD dan DD, anggota Polres Banyuwangi diminta ikut terlibat mengawasi penggunaan anggaran dari APBN tersebut.

Belum lama ini para Kanit Reskrim, Kanit Binmas dan Babinkamtibmas dipanggil di Polres Banyuwangi. Dalam pertemuan tertutup itu juga dihadiri dari oleh perwakilan Kejaksaan Negeri Banyuwangi.

Kasat Binmas AKP Imron mengatakan, untuk mengawasi ADD dan DD, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menjalin kerjasama dengan Polres dan Kejari.

“Yang jelas, penggunaan dana Desa dan ADD harus tépat sasaran dan tepat guna. Karena itu perlu adanya pendampingan dan pengawasan,” tegas Imron. Menurut Imron, anggota Polri khususnya Babinkantibmas akan mendampingi kepala desa dalam penggunaan anggaran tersebut. Sehingga ada pengawasan dalam penggunaan dana desa.

Pengawasan yang dilakukan anggota Polres Banyuwangi tidak pada semua aspek namun lebih pada pengawasan di lapangan seperti pembangunan fisik yang menggunakan dana desa. “Bukan tugas polisi untuk audit, kami melakukan pengawasan fisik. Kepala desa punya program, misalnya membangun jalan berapa meter, 500 meter, spek jalan tersebut seperti apa, kami lakukan pengawasan apakah betul atau tidak speknya itu saja,” terang Imron.

Pengawasan yang dilakukan oleh kepolisian tersebut, sebagai bagian untuk tugas saling mengingatkan agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan. Para Babinkamtibmas Kanitreskrim, Kanitbinmas di setiap polsek tentu akan turun langsung ke desa untuk melakukan pengawasan DD dan ADD tersebut.

“Kami juga berharap, para kepala desa juga bisa memahami akan tugas anggota di lapangan,” tandasnya. (radar)

loading...

Agen Bukalapak BANYUWANGI

Agen Bukalapak BANYUWANGI

Agen Resmi Bukalapak Banyuwangi Melayani pembelian; - Pulsa All operator - Pulsa Listrik - Pulsa internet - Pembelian voucher Game…
09/11/2017
Banyuwangi

Kata kunci yang digunakan :