Rubah Halaman Jadi Tempat Salat

0
330
KHUSUK: Suasana salat Id di halaman SDN 1 Lateng pada 26 Oktober lalu.
KHUSUK: Suasana salat Id di halaman SDN 1 Lateng pada 26 Oktober lalu.

BANYUWANGI – Sebanyak 400 siswa dari kelas 5 dan 6 Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Lateng berjajar rapi menghadap kiblat. Halaman sekolah yang berlokasi di Jalan Basuki Rahmat tersebut dirubah menjadi tempat salat berjamaah.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Itu terjadi saat pelaksanaan salat Id pada Hari Raya Idul Adha, Jumat, 26 Oktober lalu. Tidak hanya siswa, seluruh guru dan staf juga turut serta. Bahkan terlihat juga kepala Unit Pelaksana Teknik DInas (UPTD) Pendidikan Kecamatan Banyuwangi, Nurhamim, SPd, MSi.

Loading...

Bahkan, Nurhamim sempat berpesan kepada seluruh siswa agar meneladani sikap dan perbuatan Nabi Ibrahim AS. Dimana beliau sebagai seorang nabi rela mengurbankan anak kesayangannya demi mematuhi perintah dari Allah SWT. Dalam salat Id yang dilaksanakan pada Jumat pagi (26/10) itu, bertindak sebagai imam M Husaini, AMa. Sedangkan billal adalah Ahmad Asrori SPd, dan khotib adalah M. Shoim, SAg.

Mereka semua adalah tenaga pengajar di SDN 1 Lateng. Dalam penyampaian materi khutbah Salat Id, dijelakan tentang keyakinan akan kebesaran Allah SWT. Yang salah satunya adalah sikap rela berkorban dan mentaati segala perintah Allah. Mensyukuri segala anugerah yang telah diberikan kepada seluruh umat, termasuk semua keluarga besar SDN 1 Lateng. Dalam waktu bersamaan, juga diselenggarakan penyembelihan hewan kurban.

Kali ini SDN 1 Lateng menyembelih seekor ekor sapi dan 4 ekor kambing. Selanjutnya, dagingnya dibagi kepada fakir miskin dan kaum dhuafa. Kepala SDN 1 Lateng, Suci Nuryanti, SPd menuturkan, dalam pembagian daging kurban, sebelumnya warga sekitar lingkungan SDN 1 lateng telah diberikan kupon untuk selanjutnya ditukar dengan daging kurban. ‘’Hal tersebut untuk memudahkan pembagian dan kelancaran jalannya pembagian hewan kurban,’’ terang Suci. (radar)

Lanjutkan Membaca : 1 | 2