Sepasang Kekasih Jual Satwa Langka

0
896
Burung kakak tua jambul kuning (Cacatua Sulphurea) yang diamankan dari sepasang kekasih.

BANYUWANGI – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Banyuwangi dan anggota Polsek Kalipuro berhasil menyelamatkan satwa langka yang akan diperjualbelikan. Dua tersangka yang diduga melakukan perdagangan hewan langka tersebut ditangkap setelah satu minggu melakukan transaksi via online.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Mereka adalah Fatih Mujabur Rahman Permono Putra, 20, warga Dusun Jatimulyo, RT 02 RW 04, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah dan kekasihnya yang bernama Hafitalia, 22, warga Dusun Jelon, RT 18 RW 03, Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur.

Awalnya petugas mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa ada kakak tua jambul kuning atau Cacatua sulphurea yang akan diperjualbelikan. Kepala Resort Konservasi Wilayah XIV BKSDA Banyuwangi Vivi Primayanti langsung menindaklanjuti informasi tersebut.

Transaksi jual beli hewan yang terancam punah itu berlanjut via media sosial facebook yang disertai nomor WhatsApp milik tersangka. Setelah melakukan pendekatan dengan bertanya mengenai burung kakak tua tersebut, Vivi yang menyamar sebagai pembeli akhirnya menyepakati harga yang ditawarkan tersangka, yaitu Rp 3.200.000.

“Saya melakukan negosiasi alot dengan tersangka sejak 7 November 2017 lalu. Akhirnya disepakati tanggal 14 November kemarin,” ungkap Vivi. Setelah itu tersangka Fatih sepakat untuk mengantarkan burung tersebut ke Banyuwangi.

“Mereka akhirnya mau melakukan transaksi secara tunai dan datang ke Banyuwangi,” imbuhnya. Fatih datang ke Banyuwangi bersama kekasihnya, Hafitalia. Keduanya mengendarai sepeda motor Honda Scoopy putih bernomor polisi DK 2801 AAD.

Transaksi berlangsung di Warung Pondok Boga, Desa Ketapang. “Sebelumnya kakak tua jambul kuning berada di Situbondo di rumah Hafitalia. Mereka datang ke lokasi pukul 12.25 Selasa lalu (14/11), kata Vivi.

Kedua pelaku disuguhi minuman terlebih dahulu dan diajak mengobrol soal jual beli burung itu. Tak lama kemudian, kedua tersangka yang membawa keranjang putih berisi burung kakak tua digiring ke Mapolsek Kalipuro.

Kapolsek Kalipuro AKP Supriyadi mengatakan, kedua tersangka telah melakukan tindakan menyimpan memiliki, memelihara, mengangkut, dan memperdagangkan atau memperniagakan satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup. Akibat tindakannya itu, kedua tersangka dijerat pasal 21 (2) huruf a Undang-Undang RI Nomor 5 Tahun 1990 tentang Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem.

“Tersangka kami amankan di Mapolsek Kalipuro. Setelah dilakukan penyidikan pukul 14.00 kemarin (15/11). keduanya langsung kami pindahkan ke Lapas Banyuwangi,” terang Supriyadi. (radar)

Loading...

Rental Mobil Murah di Banyuwangi

Rental Mobil Murah di Banyuwangi

Halo kawan-kawan, Jasa Sewa Mobil atau Rental Mobil Banyuwangi kini sudah semakin pesat perkembangannya lho. Mulai banyak perusahaan/ usaha kecil…
05/29/2018
Banyuwangi

Kata kunci yang digunakan :

Baca Juga :