Siang Jazz, Malam Ngerock

0
164

Ahmad-Albar-Show

BANYUWANGI – Para penikmat musik mendapat dua suguhan istimewa di Banyuwangi kemarin (22/4). Mulai pagi hingga sore pencinta  musik jazz dimanjakan performance  kalangan pelajar melalui perhelatan bertajuk Student Jazz Festival 2016.

Di malam hari giliran musik rock menggema lewat aksi panggung dua  musisi senior sekaligus dedengkot grup band legendaris, God Bless,  Ahmad Albar, dan Donny Fattah. Penampilan para peserta Student  Jazz Festival yang dihelat di depan Stadion Diponegoro, Banyuwangi, itu memukau penonton yang hadir. Bahkan, ada lagu Banyuwangi yang diaransemen ulang ke aliran jazz. Student Jazz Festival digelar hingga hari ini (23/4).

Ajang yang satu itu diikuti tidak kurang 40 grup band pelajar. Menariknya, meski baru kali pertama dihelat di Bumi Blambangan, ajang yang satu itu juga diikuti sejumlah grup band pelajar asal luar daerah, seperti Jember,  Denpasar, dan Surabaya.

Loading...

Menariknya lagi, ajang Student Jazz Festival tersebut dibuka dengan cara “tidak biasa” oleh Bupati Abdullah Azwar Anas. Orang nomor satu di lingkungan Pemkab Banyuwangi itu memukul drum dengan gaya yang nyentrik, yakni dengan menggunakan topi yang dibalik.

“Even Student Jazz Festival itu digelar sebagai wadah  kreativitas pelajar. Even ini tidak hanya menampung bakat bermusik pelajar tapi juga untuk memperkaya  wawasan ber musik pelajar. Ini juga jadi sebuah forum yang fresh dan  enjoy untuk melepas kepenatan  siswa di sekolah,” ujarnya.

Anas menambahkan, pada edisi  selanjutnya, SJF tidak hanya digelar  dua hari, tapi selama satu pekan saat libur panjang sekolah. “Agar semakin banyak band pelajar yang  bisa tampil dan mengekspresikan  musik di atas panggung. Ini juga  akan jadi kegiatan yang positifselama liburan,” cetusnya.

Sementara itu, setelah dihibur musik jazz, malamnya para penikmat   musik disuguhi panggung musik  rock berkelas di Gedung Seni Budaya  (Gesibu) Blam bangan. Ahmad Albar  dan Donny Fattah menggebrak panggung musik tersebut dengan   mengu sung nama “Laskar Band”.

Dua dedengkot grup band God  Bless itu pun “membayar lunas” kerinduan para rocker Bumi Blambangan yang telah puluhan tahun menunggu grup musik rock tersebut kembali manggung di  Banyuwangi. Ya, sebelumnya God  Bless telah dua kali menggaung di kabupaten ujung timur Pulau  Jawa ini.

Kali terakhir mereka  tampil menghentak Banyuwangi adalah pada 1988 silam.  Tembang-tembang lawas God  Bless begitu akrab di telinga penonton. Penonton dari berbagai kalangan itu seolah larut dengan irama lagu rock yang dilantunkan  Ahmad Albar tersebut. Mereka berjingkrak-jingkrak sembari  menirukan olah vokal Ahmad  Albar. (radar)

loading...