Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Ski Air, Olahraga yang Mulai Diminati di Kota Gandrung

skiAnda pernah melihat permainan olahraga ski air? Tentu sudah pernah melihat di televisi. Namun, jika ingin melihat secara langsung, silakan mengunjungi kawasan Pantai Boom, Banyuwangi. Di tempat wisata rakyat itu, kini masyarakat bisa menyaksikan beberapa anak muda tengah bermain ski air. Ada banyak macam permainan ski. Selain ski salju, ada juga ski air.

Dalam permainan ski air, terdapat ski tunggal, dua ski, dan ski menggunakan kaki telanjang. Dalam permainan itu, pemain me luncur dengan bantuan tali yang di tarik speed boat atau perahu motor. Alat yang digunakan olahraga ski yang di populerkan Ralph Samuelson pada tahun 1922 itu sama dengan ski salju, yaitu menggunakan dua bilah papan yang dipasang di kaki. Perbedaannya hanya pada daya penggerak. 

Ski salju memanfaatkan kemiringan di lereng bersalju, sedangkan ski air memanfaatkan tarikan speed boat. Olahraga ski air dapat dilakukan di pantai maupun di perairan darat. Umumnya ski air di lakukan di danau. Di Jakarta, misalnya, lokasi favorit bermain ski air adalah Danau Sunter. Lantaran tidak ada danau, ski air di Banyuwangi bisa dilakukan di pantai. Olahraga ski air di Banyuwangi memang tergolong baru. Permainan yang menggunakan dua papan berbahan dasar fiber itu membutuhkan keahlian khusus.

Sebab, selain memerlukan ke se imbangan saat berada di atas papan ski, kekuatan tangan dan kaki juga di per lukan. Pemain harus berupaya di posisi yang tepat agar terus terapung saat speed boat atau kapal motor melaju kencang. Bagi pemula, terlebih da hulu harus mempelajari ke se imbangan di atas papan dan kaki harus benar-benar kuat. Olahraga ski air tidak hanya harus piawai menentukan arah, tapi juga harus pandai mengatur posisi dan membelah ombak. 

Kekuatan tangan juga sangat diperlukan. Sebab, pada saat melaju di atas air, genggaman tangan harus kuat. Oleh karena itu, bagi masyarakat yang ingin mencoba olahraga yang satu ini, pastikan kondisi badan benar-benar fit. “Bagi masyarakat yang ingin mencoba olahraga ski air, pastikan kondisi fisiknya prima. Kalau perlu, ikut fitness dulu,” ujar Oon Cristiawan, penghobi sekaligus salah seorang instruktur ski air di Pantai Boom, Banyuwangi.

Menurutnya, saat membelah air bekas jalur speed boat, jika tidak piawai, maka risikonya bisa langsung tenggelam. Namun demikian, sejatinya per mainan ski air tidak banyak mengandung bahaya. Pada saat akan jatuh, pemain harus melepaskan tali yang tertambat di speed boat. Yang terpenting, imbuhnya, tidak melepas tongkat pegangan pada saat melaju. Teknik memegang dan melepas tongkat sangat berpengaruh ter hadap risiko kecelakaan seorang pemain ski air. “Jika kondisi tubuh sudah tak seimbang, melepas tongkat boleh saja,” ujar Oon. (radar) 

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE