Status Gunung Raung Siaga

0
424
LEBAR: Seismograf di Pos Pengamatan Gunung Raung di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, mencatat rekaman gempa tremor Gunung Raung kemarin.
LEBAR: Seismograf di Pos Pengamatan Gunung Raung di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, mencatat rekaman gempa tremor Gunung Raung kemarin.

Kali Pertama sejak 1985


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

SONGGON – Gunung Raung, Banyuwangi, terekam mengalami gempa tremor yang berlangsung terus-menerus selama sepekan terakhir. Kini, gunung dengan ketinggian 3.332 meter dari permukaan laut itu dinaikkan statusnya dari waspada
(level II) menjadi siaga (level III).

Perubahan itu ditetapkan sejak pukul 20.30 tanggal 22 Oktober 2012 Kenaikan status siaga itu terbilang cukup cepat. Betapa tidak, peningkatan sta tus gunung tersebut hanya berse lang empat hari dari level was pada, tepatnya pukul 21.00 tang gal 18 Oktober 2012 lalu.

Bahkan, peningkatan status tersebut baru pertama kali selama 27 tahun terakhir. Selain itu, status siaga itu juga perdana sejak tahun 1985 silam. ‘’Status siaga ini baru pertama kali selama saya di sini sejak tahun 1985 lalu,’’ ungkap Kepala Pos Pengamatan Gunung Raung, Balok Suryadi, di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Ke camatan Songgon, kemarin (23/10).

Hasil pengamatan, kata Balok, pada umumnya Gunung Raung berciri embusan asap kawah berwarna putih tipis. Selain itu, tekanan asap tersebut cukup lemah dengan ketinggian berkisar hanya 50 hingga 75 meter dari puncak. ‘’Asap tidak tebal dan umumnya condong ke utara,’’ ungkap warga Desa Sragi, Kecamatan Songgon, itu.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last