Beranda Sosial Suara Demy Menyusup ke Kokpit

Suara Demy Menyusup ke Kokpit

0
1357

“SAYA request lagunya Demy tutupe Wirang. Kalau nggak ada kesekso kangen juga boleh”. Permintaan lagu di sebuah radio komunitas itu tiba-tiba masuk ke kokpit pesawat latih Cessna 125 yang dipiloti anak-anak Sekolah Pilot Banyuwangi.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Padahal saat itu sang pilot sedang  serius komunikasi dengan ATC Bandara Blimbingsari. Gangguan radio komunitas itu juga kerap dirasakan pilot yang  menerbangakan pesawat rute Bali-Banyuwangi maupun Banyuwangi-Surabaya.

Beberapa waktu lalu, seorang pilot pesawat Garuda jenis ATR 72-600, Daud, mengalun tidak ada kendala selama menerbangkan pesawat pabrikan Prancis tersebut.  Semua lancar-lancar saja. Dia juga mengaku senang karena penumpang rute surabaya-Denpasar-Banyuwangi cukup bagus. ‘Bagus. Semuanya bagus, Cuaca juga bagus,” ujar Daud yang kala itu memiloti pesawat bernomor penerbangan GA4301 rute Denpasar- Banyuwangi-Surabaya.

Meski mengaku lancar menerbangkan pesawat Garuda dengan kapasitas 75 seat itu lancar, Daud sempat terusik dengan frekuensi radio komunikasi. Frekuensi liar tersebut diketahui berasal dari beberapa frekuensi radio komonitas (rakom).

“Frekuensi liar itu perlu ditertipkan agar tidak menggangu komunikasi penerbangan,” keluhnya kala itu. Masuknya request lagu tersebut jelas menganggu jalur penabangan. Kondisi seperti ini sering dialami oleh semua pilot maupun para calon penerbang di SPB.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last

error: Uppss.......!