Sudah Buka Pendaftaran Caleg

0
250
FORMULIR CALEG: MK Abas dan Kondang Suryaningrat di kantor DPC PDIP Banyuwangi kemarin

BANYUWANGI – Meski Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2014 masih berlangsung dua tahun lagi, DPC PDIP Banyuwangi sudah membuka penjaringan untuk calon anggota DPRD, DPRD Provinsi, dan DPR RI. Bahkan, pendaftaran untuk calon anggota parlemen itu sudah berlangsung sejak Senin lalu (2/7).


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Pendaftaran untuk calon anggota DPRD, DPRD Provinsi, dan DPR RI, itu akan ditutup 10 Juli 2012 mendatang. “Penjaringan calon anggota DPRD, DPRD Provinsi, dan DPR RI, ini sifatnya terbuka untuk para kader dan umum,” ujar Wakil Ketua DPC PDIP Banyuwangi, MK Abas.

Saat menggelar jumpa pers di kantor DPC PDIP di Jalan Jagung Suprapto, Banyuwangi, siang kemarin (3/7), Abas menyebut penjaringan caleg PDIP akan dilakukan melalui dua jalur, yakni jalur struktural dan personal. “Pengurus PDIP di semua tingkat, badan partai, organisasi sayap, dan kader, bisa daftar lewat jalur ini,” katanya.

Dia menambahkan, jalur personal bisa langsung daftar menjadi caleg PDIP dengan datang ke kantor DPC PDIP Banyuwangi. Dalam jalur per-sonal ini, semua masyarakat yang memenuhi syarat dan memiliki ideologi yang sama dengan PDIP bisa mendaftar. “Jalur personal ini untuk masyarakat umum,” ujarnya.

Caleg yang akan dijaring per-sentasenya 300 persen dari jum lah kursi yang ada. Dengan ke tentuan ersebut, maka caleg yang akan mengisi kursi DPRD Ba nyuwangi berjumlah 150 orang. “Sebab, kursi di DPRD Ba nyuwangi ada 50 kursi. 300 persennya ya150,” jelasnya.

Persentasi caleg untuk DPRD Provinsi dan DPRRI juga 300 persen dari jumlah kursi yang disediakan di wilayah daerah pemilihan (dapil) Banyuwangi. “Para caleg yang mendaftar nan ti akan kita umumkan di harian Jawa Pos Radar Ba nyu wangi,” janjinya. Abas menyebut, pe ngu mu man di media cetak itu agar men dapat respons masyarakat berupa kritik dan saran.

“PDIP ingin selektif dan akan memilih kader yang berkualitas,” da lih nya. Selain akan diumumkan di me dia, para caleg PDIP juga akan dilakukan tes urine, fit and proper test, psikotes, dan pendidikan kader. “PDIP benar- benar ingin mencari calon anggota dewan yang berkualitas,” cetus Wakil Ketua DPC PDIP, Kondang Suryaningrat. (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :