Sungai Bagong Meluap, 19 Rumah di Sobo Terendam

0
79

BANYUWANGI – Hujan deras yang mengguyur kota Banyuwangi mengakibatkan sejumlah rumah di Lingkungan Gareng, Kelurahan Sobo terendam. Sedikitnya ada 19 rumah yang terendam akibat luapan sungai Bagong. Selain intensitas air sungai yang tinggi, banjir disebabkan adanya pendangkalan di sepanjang aliran sungai.

“Sungainya ada pendangkalan. Tinggi air di atas mata kaki orang dewasa, ada 19 rumah yang terdampak luapan air ini,” jelas Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Banyuwangi Fajar Suasana melalui Kabid kedaruratan dan Logistik, Eka Muharam Suryadi.

Menanggapi luapan air sungai, pihaknya meminta kepada warga setempat untuk terus mewaspadai akan musibah ini agar tidak kembali terulang. Pendangkalan sungai bisa juga disebabkan karena banyaknya sampah yang ada di sepanjang sungai.

“Banjir memang harus diwaspadai karena datang bisa kapan saja. Tapi sebaiknya kita harus segera melakukan tindakan misalnya bersih-bersih selokan agar aliran air bisa lancar,” pungkasnya.  Sementara itu, genangan air juga terjadi di beberapa titik jalan raya di pusat kota Banyuwangi.

“Banjir genangan sifatnya hanya sementara. Hanya terjadi saat hujan lebat, setelah hujan selesai air kembali surut,” kata Eka. Dia menambahkan, kepada masyarakat untuk tetap mewaspadai akan cuaca buruk yang bisa saja kembali terjadi pada hari ini. Sebab, berdasar prediksi BMKG, puncak musim penghujan ini akan terus terjadi hinga bulan Februari mendatang.

“Tetap terus waspada, hujan lebar disertai angin kencang bisa saja terjadi sewaktu-waktu. Waspadai juga jika menemui awan Cumulonimbus (Cb) yang berwarna gelap karena awan itu cenderung membawa hujan dan angin lebat,” tandasnya. (radar)

Loading...


Kata kunci yang digunakan :