Tanam Pohon hingga Bagi Sembako

0
522
UPACARA: Pembecaan teks Pancasila oleh pembina upacara saat pembukaan Perjusami di Desa Kelir, Kalipuro, kemarin (2/11).
UPACARA: Pembecaan teks Pancasila oleh pembina upacara saat pembukaan Perjusami di Desa Kelir, Kalipuro, kemarin (2/11).

820 Pramuka Gudep MI Kemah di Kelir
KALIPURO – Salah satu kegiatan yang identik dengan Praja Muda Karana (Pramuka) adalah perkemahan. Seperti yang dilakukan Gugus Depan (Gudep) Madrasah Ibtidayiah (MI) se-Kecamatan Kalipuro.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Mulai kemarin (2/11), anggota Pramuka MI se-Kalipuro berkemah di Desa Kelir, Kecamatan Kalipuro. Perkemahan Jumat, Sabtu, dan Minggu (Perjusami) tersebut diikuti oleh 16 Gudep dengan 820 siswa. Dalam acara perkemahan yang dibuka perwakilan Dinas Pendidikan Banyuwangi itu akan diisi berbagai acara.

Loading...

Diawali Jumat (2/11) sore, setelah upacara pembukaan dan penyematan tanda peserta, dilanjutkan dengan kirab peserta Perjusami. Kirab yang mengelilingi Dusun Krajan, Desa Kelir, itu dimeriahkan dengan atraktsi dua grup drumband dari perwakilan gudep. Malam harinya, berbagai lomba keagamaan diselenggarakan dan diikuti peserta Perjusami. Di antaranya, lomba tartil Alquran, salat, lomba qori, dan lainnya.

Sedangkan pada Sabtu (3/11) malam diselenggarakan penampilan kesenian. Yang menarik, dalam perkemahan kali ini, panitia menyediakan panggung terbuka. Tujuannya, selain peserta Perjusami bisa menikmati suguhan seni, masyarakat sekitar juga bisa ikut menyaksikan. Ketua Kepala Madarah Kecamatan Kalipuro, Zuhdiyanto, S.Pd.I mengatakan, dalam kegiatan tersebut, setiap peserta menampilkan masing-masing keahliannya.

Dan, keahlian tersebut akan dinilai. Perjusami yang berlangsung selama tiga hari ini dilaksanakan untuk memperingati tahun baru Islam 1434 Hijriah. Juga menggali potensi bagi peserta penggalang dan menumbuhkembangkan jiwa sosial, kemasyarakatan, dan nilai-nilai Pancasila yang mulai memudar. Di hari terakhir, Minggu (4/11), seluruh peserta Perjusami akan melaksanakan bakti sosial dan penanaman bibit pohon di sekitar perkemahan. Rencananya, mereka juga membagikan sejumlah sembako kepada para warga kurang mampu. (radar)

Lanjutkan Membaca : 1 | 2