Tangkap Biawak Raksasa Pemangsa Ayam

0
871


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

TEGALDLIMO-Warga Dusun Purworejo, RT 10, RW 2, Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo, digegerkan dengan penangkapan biawak berukuran  besar kemarin (23/2). Biawak itu sengaja diburu  karena sering memangsa ayam piaraan milik warga.

Hampir tiga bulan terakhir, warga di Desa  Kalipahit, Kecamatan Tegaldlimo, resah karena ayam piaraannya banyak yang mati dan hilang. “Ayam milik warga itu selama ini banyak yang hilang, ternyata dimakan biawak itu,” cetus Boinem,  salah satu warga Dusun Purworejo, Desa Kalipait.

Biawak yang ditangkap warga itu, ukurannya  tergolong cukup besar. Panjangnya sekitar 1,2  meter lebih dengan berat enam kilogram. “Ayam mulai sering hilang itu sejak tiga bulan lalu,” katanya pada Jawa Pos Radar Genteng. Sejak banyak ayam piaraan yang hilang, warga  biasanya mengurung ayamnya. Tapi, juga ada yang masih membiarkan berkeliaran di luar.

Loading...

“Ayam yang berkeliaran itu sering  dimakan biawak,” cetusnya.  Yang membuat warga sedih, terang dia, ayam yang baru menetas sering hilang. Gara-gara serangan biawak, biasanya semua anak ayam itu hilang dan mati hingga tinggal  induknya saja.

“Selama ini warga  resah,” ungkapnya. Tertangkapnya satu ekor biawak berukuran besar itu, bermula saat berada di belakang rumah mendengar suara dari semak-semak pepohonan. Tidak lama, muncul biawak dan mengejar ayam yang  ada di belakang rumahnya.

“Saya teriak-teriak minta tolong,” ungkapnya. Teriakan itu mengundang perhatian warga. Katimen, 60, salah  satu tetangga bersama warga lain berdatangan menemui Boinem. Setelah tahu ada biawak, mereka  langsung memburu. Akhirnya, warga mengejar biawak yang  berusaha kabur. “Biawak berhasil kita tangkap setelah terlilit kawat,” terang Katimen.

Katimin mengaku biawak yang ditangkap termasuk berukuran besar. Diduga, masih banyak biawak  lain yang berkeliaran dan mengincar ayam piaraan milik warga. “Saya belum tahu biawak ini akan diapakan, sementara saya ikat  dulu,” katanya sambil menunjukkan biawak yang baru ditangkap.

Biawak di sekitar Dusun Purworejo, Desa Kalipahit, diduga cukup  banyak. Apalagi, perumahan warga itu berdekatan dengan sungai dan persawahan. Biawak yang ditangkap itu, diduga naik dari sungai untuk memangsa ternak ayam milik warga. (radar)

Loading...