Tetapkan Hari Pasaran Batik Banyuwangi

0
455
CENDERAMATA: Mudijati memamerkan batik yang diberikan Pemkab disaksikan Ipuk dan Suhartoyo, Senin (19/11) lalu.
CENDERAMATA: Mudijati memamerkan batik yang diberikan Pemkab disaksikan Ipuk dan Suhartoyo, Senin (19/11) lalu.

Usul Pencinta Batik Sekar Jagad Jogjakarta


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI–Produksi batik Banyuwangi kini mendapat perhatian dari penggemar batik Nusantara. Senin (19/11) lalu, sebanyak 150 anggota Paguyuban Pecinta Batik Sekar Jagad Jogjakarta berkunjung ke Banyuwangi. Tujuannya mereka untuk mengenal dan mengetahui secara detail batik khas Banyuwangi secara lebih dekat.

Kunjungan muhibah batik itu dipimpin Prof Dr. Ir. Murdijati Gardjito. Dalam rombongan itu, ada mantan Menteri Perdagangan Dr. Rahardi Ramelan beserta istri. “Berada di Banyuwangi serasa kembali ke masa lalu, karena Banyuwangi adalah salah satu rute perpindahan Kerajaan Majapahit,” ungkap Murdijati saat menyampaikan kesannya tentang Kota Gandrung.

Menurut dia, batik Banyuwangi memiliki kemiripan dengan batik Jogjakarta dari segi motif. Hal itu terjadi, karena Banyuwangi dan Jogjakarta memiliki keterkaitan sejarah masa lalu yang sangat kuat. “Batik Banyuwangi ini indah dan patut dilestarikan,” puji Murdijati. Sebelum berkunjung ke Banyuwangi, Paguyuban Pecinta Batik Sekar Jagad Jogjakarta melakukan survei potensi batik ke Banyuwangi pada 11 September lalu.

Ahmad Tohari, pengurus Paguyuban Sekar Jagad mengakui, batik Banyuwangi memiliki kekhasan yang menarik dari segi motif. “Setelah batik Pamekasan, Madura, batik Banyuwangi lebih menarik dan memiliki kekhasan dari segi motif,” cetus Tohari. Berangkat dari peduli terhadap perkembangan batik, Tohari mengusulkan agar di Banyuwangi dibuat hari pasaran batik seperti di Pamekasan. Pada hari-hari tertentu, saran dia, pemerintah daerah menetapkannya sebagai hari pemasaran produk batik sepanjang hari nonstop.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last