Tiada Jalan, Turun Tebing dengan Alat Seadanya

0
397
BESAR: Panorama grojogan besar di Desa Segobang, Kecamatan Licin.| LEBIH TINGGI: Air terjun lain di sisi timur Desa Segobang, Keca- mat an Licin, Banyuwangi ini tak kalah menarik.

Perbukitan di Desa Segobang, Kecamatan Licin, Banyuwangi, tak hanya dikenal memiliki view lereng Gunung Ijen yang menawan. Kawasan tersebut ternyata juga memiliki beberapa air terjun alami yang sangat eksotik.
-BAYU SAKSONO, Licin-


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

SUDAH hampir empat bulan lamanya kawasan wisata Gunung Ijen ditutup untuk umum. Kebijakan itu diambil karena aktivitas vulkanik gunung tersebut meningkat. Pusat Vulkanologi, Mitigasi, dan Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan status Gunung Ijen berada pada level III (siaga).

Selain peningkatan gempa, suhu air kawah gunung terebut juga meningkat. Yang patut diwaspadai, muncul gas beracun yang membahayakan manusia. Akibatnya, bukan hanya wisatawan yang dilarang mendaki gunung yang kaldera-nya termasuk yang paling luas di dunia itu, ratusan penambang yang mengandalkan muntahan belerang dari kawah gunung tersebut pun terpaksa gigit jari.

Saya juga termasuk yang paling rindu mendaki Gunung Ijen kembali. Beberapa tahun terakhir, saya setidaknya setahun sekali mendaki gunung di perbatasan Banyuwangi-Bondowoso tersebut. Namun, rupanya bukan hanya saya yang tak sabar mengunjungi gunung tersebut. Beberapa rekan dari berbagai daerah juga merasakan hal yang sama. Seperti yang disampaikan Satrio Arief Wicaksono, 22, seorang mahasiswa asal Palembang. ‘’Sayang sekali tak bisa ke sana,’’ ujarnya.

Bahkan, banyak pula turis mancanegara yang kecewa karena tak bisa mengunjungi kawah Gunung Ijen. Seperti yang dirasakan Robert Peter Riley, 32, turis asal Ilkeston, Nottingham, Inggris. ‘’Saya datang ke Indonesia kali ini sudah mendaki Gunung Kelud, Gunung Semeru, Gunung Bromo, dan Gunung Batur. Sangat disayangkan karena saya tak bisa mendaki Gunung Ijen,’’ katanya dalam Bahasa Inggris.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | ... | Next → | Last