Seblang Bakungan, Tarian Magis Warga Using yang Pukau Wisatawan

0
749


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Banyuwangi terus melestarikan dan mengembangkan tradisi masyarakatnya. Salah satunya yang terus diuri-uri adalah ritual Seblang Bakungan, ritual suku Using asli di Kelurahan Bakungan, Kecamatan Glagah, yang digelar malam tadi Minggu (26/8/2018), tepatnya satu minggu pasca hari raya Idul Adha atau lebaran haji di Balai Desa Bakungan.

Ritual Seblang Bakungan merupakan rangkaian tarian yang dibawakan oleh wanita tua dalam kondisi trans atau kehilangan kesadaran. Tariannya yang magis membuat ritual ini menjadi tontonan menarik yang mampu memikat para wisatawan, baik lokal maupun manca negara.

Otto Paul Draeger, salah satunya. Wisatawan asal Jerman ini mengaku terpukau menyaksikan tarian ini. “Saya sangat terhibur menyaksikan ritual ini. Apalagi setelah tahu kalau penarinya ini dalam kondisi kerasukan roh. Saya sempat merinding,” kata Otto.

Demikian juga kata Agnes, dari Hongaria. Menurutnya, tradisi ini kental gotong royong. “Saya terkesan dengan budaya gotong royong warga Bakungan. Ini tradisi yang harus dilestarikan,” kata dia.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last