Seblang Olehsari tanpa Tarian

0
24
Foto: Radar Banyuwangi – Jawa Pos

BANYUWANGI – Ritual tarian Seblang di Desa Olehsari, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, digelar secara tertutup pada Jumat (29/5/2020) kemarin.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Dilansir dari Radar Banyuwangi – Jawa Pos, untuk meminimalisasi jumlah pengunjung, semua akses jalan menuju lokasi ditutup 2 jam sebelum pelaksanaan ritual. Warga asli Desa Olehsari juga tidak diperkenankan masuk.

Mereka menunggu di luar hingga ritual selesai. Sejumlah tetua Seblang berkumpul. Tidak ada penonton dalam ritual tersebut, kecuali petugas kesehatan, panitia, dan aparat keamanan dari Polsek, Koramil, dan Linmas setempat.

Ritual digelar sederhana. Setelah proses doa, para tetua Seblang bersama pawang dan panitia bersama-sama menyantap nasi tumpeng dan pecel pitik yang sudah disediakan. Tidak ada aksi tarian Seblang siang itu. Tapi, ada salah satu wanita yang kesurupan ruh seblang “Sayu Atikah”.

Loading...

Wanita bernama Khodijah itu sempat meminta kepada pawang Seblang dan panitia untuk membuka gerbang pembatas yang menutup akses ke tempat ritual digelar.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last